Lihat ke Halaman Asli

Faisol

TERVERIFIKASI

Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Melihat Peluang dan Tantangan Tokoh Jawa Timur untuk Menjadi Bakal Cawapres

Diperbarui: 14 Agustus 2023   14:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(KOMPAS.com/ MELVINA TIONARDUS)

"Terbentuknya tiga poros bakal calon Presiden yang akan berkontestasi pada pemilu yang akan datang, Nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan sudah santer di beritakan pada platform media massa, elektronik dan di berbagai platform Media Sosial"

Dari masing-masing tiga kandidat yang sudah terbentuk dengan koalisinya masing-masing, namun dari masing-masing kandidat masih merahasiakan bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi.

Bacawapres ini oleh beberapa pangamat akan menjadi kunci kemenangan bagi kemenangan bakal calon presiden.

Nama-nama tokoh nasional yang kerap disebut-sebut sebagai kandidat kuat asal Jawa Timur dan Berbasis Nahdlotul Ulama (NU) untuk menjadi Bacawapres, seperti Menkopolhukam Mahfud MD, Putri Sulung Presiden Ke 4 K.H. Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid, Gubernur Jawa Timur yang sudah hampir Purna, Khofifah Indar Parawansa.

Selain tiga nama di atas, ada juga nama ketua umum PKB, Muhaimin Iskandar atau popular di panggil Cak Imin, dan juga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang juga berasal dari Jawa Timur.

Seperti apa peluang dan tantangan bagi para tokoh Nasional asal Jawa Timur yang memang berbasis NU seperti Cak Imin, Yenni Wahid, Khofifah Indar Parawansa, Mahfud MD, dan AHY untuk menjadi bakal calon wakil presiden?

Potensi tokoh Nasional yang memiliki basis pemilih di Jawa Timur, terutama dari kalangan Nahdlotul Ulama (NU), seperti nama-nama tokoh yang sudah disebutkan di atas cukup santer diberitakan dan digadang-gadang akan di pinang oleh bakal calon presiden, baik itu Ganjar Pranowo, Prabowo Subinto maupun Anies Baswedan.

Nama tokoh nasional yang masuk ke dalam Radar PDI-P yang hendak dipasangkan oleh Ganjar Pranowo, muncul nama Cak Imin, dan AHY.

Sementara dalam Koalisi Indonesia Raya yang mengusung Prabowo Subianto, nama cak Imin, Khofifah dan Mahfud MD, juga masih menjadi sorotan dan memiliki peluang besar untuk mendampingi mantan danjen kopassus itu.

Dan dari poros Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang mengusung Anies Baswedan untuk menjadi bakal calon Presiden, santer nama AHY, Yenny Wahid, dan Khofifah Indar Parawansa juga sudah masuk kedalam radar koalisi perubahan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline