Lihat ke Halaman Asli

Akhmad Sofwan

Learn, Code, Write, Teach

Reuni Sekolah - Sekali Teman Tetap Teman

Diperbarui: 28 Mei 2023   08:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen angkatan 6397 (Dengan Ibu Guru Matematika. Saya - ditengah yang duduk)

Hari ini, Sabtu 27 Mei 2023, saya menghadiri Reuni Akbar SMA saya dulu, yaitu SMAN 63 Jakarta yang terletak di Petukangan Utara, Jakarta Selatan. Kali ini pelaksanaan reuni yang diselenggarakan di wilayah perumahan Puri Beta 2 Tangerang, terasa istimewa, karena sesuai dengan namanya "Reuni Akbar", melibatkan berbagai angkatan alumni, dari angkatan pertama yakni angkatan 1983 hingga angkatan terbaru, angkatan 2022. Saya sendiri adalah angkatan 1997 atau angkatan yang lulus SMA nya pada tahun 1997, sudah dapat ditebak berapa usia saya saat ini ... :-). Karena namanya juga reuni Akbar dan melibatkan angkatan 1983 - 2022 atau 39 angkatan, sehingga peserta nya juga banyak, tercatat 1.400 an peserta yang mendaftar hadir dan itu pun tidak semua alumni hadir, dari angkatan 1997 sendiri 50 an peserta yang mendaftar hadir dengan kehadiran riil saya perkirakan di atasi 90%.  Selain para alumni, hadir pula undangan yang terdiri dari guru-guru kami tercinta yang dulu mengajar kami saat SMA. Dengan kehadiran sejumlah Bapak-Ibu guru tersebut, menambah rasa istimewa nya acara ini. Acara  ini juga didukung oleh pihak sekolah yang mana di acara ini Kepala Sekolah memberikan sambutan dan beberapa siswa-siswi aktif ikut membantu acara ini termasuk mengurusi registrasi ulang alumni di tempat acara.

Jam dinding menunjukkan sekitar pukul 10:00 dan saat itu saya mulai berangkat dari rumah saya menuju tempat acara Reuni. Hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit,  saya sudah sampai di gedung acara yang  di sana saya bertemu dengan teman-teman se angkatan saya. Ada juga rekan beda angkatan yang saya temui, karena suatu hal yang wajar kami dulu juga berinteraksi dengan rekan-rekan beda angkatan termasuk rekan 1 organisasi Ekstra Kurikuler. Bertemu dengan teman-teman sejawat semasa SMA dulu membuat kami Bahagia dan senang dan itu motivasi utama para alumni menghadiri reuni ini, hal itu membuktikan bahwa kita yang menurut Aristoteles adalah Zoon Politicon atau Makhluk Sosial yang membutuhkan interaksi dengan sesama.

Sebelum masuk ke gedung acara, para peserta mendaftar ulang di meja pendaftaran dengan dibantu oleh siswa-siswi aktif. Memasuki gedung acara, sudah ramai oleh para alumni di dalamnya. Saya berkumpul dengan teman-teman se angkatan karena lokasi tempat duduk para alumni dikelompokkan berdasarkan angkatan, walau begitu kami juga masih dapat berinteraksi dengan alumni lain karena jaraknya masih berdekatan terutama yang saling kenal.  Walau angkatan saya sudah tergolong angkatan tua eh senior, karena sudah 26 tahun lulus dari SMA, namun karena cukup banyak angkatan lain lebih senior dari angkatan kami termasuk sudah ada yang 38 tahun lulus dari SMA seperti yang tertulis di kaos beberapa alumni, membuat saya menjadi agak agak terasa lebih muda gitu .. :-).  Terdapat berbagai macam acara yang mengisi reuni ini, dari sambutan oleh panitia, pertunjukan tarian yang seperti nya dipertunjukkan dari siswa aktif, sambutan dari Kepala Sekolah, nyanyi-nyanyi para alumni, bagi-bagi hadiah dan door prize serta pemutaran foto-foto masa lalu saat sekolah.

Terkadang kita perlu melihat ke belakang, melihat sejarah hidup kita dan masa SMA adalah salah satu masa penting setiap kita, karena di SMA selain menimba Ilmu, kita juga berinteraksi dengan guru-guru, teman-teman dan staff sekolah. Keadaan kita saat ini juga banyak dipengaruhi oleh masa SMA.  Reuni adalah sebuah saat di mana kita dapat melihat ke belakang dengan bertemu dengan teman-teman kita saat SMA yang dapat membangkitkan memori saat SMA dulu. Kita dapat juga bertemu dengan guru-guru kita yang telah berjasa mengajarkan Ilmu nya kepada kita sehingga dapat membentuk keadaan kita saat ini.

Di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), terdapat monumen yang dibuat oleh Alumni ITB Angkatan 1970 yang bertuliskan "Sekali teman tetap teman". Reuni atau pertemuan kita dengan teman-teman kita saat sekolah dulu termasuk saat SMA dulu dapat membuat jalinan pertemanan tetap solid, terlebih pertemanan saat sekolah adalah pertemanan yang dilandasi ketulusan dan kebersamaan. Pertemanan yang terjalin saat SMA jika tidak dijaga dengan menjaga komunikasi dan interaksi yang baik setelah lulus SMA bertahun-tahun dapat saja menjadi luntur seperti menjadi agak asing jika sesama teman bertemu kembali padahal dulunya akrab, terlebih pasti ada perubahan di masing-masing teman setelah bertahun-tahun lulus SMA seperti sudah berkeluarga, keadaan status sosial dan status ekonomi sudah berubah dan mungkin ada perubahan sifat, yang oleh sebab itu tetap harus  dijaga komunikasi dan interaksi sesama teman termasuk diantara nya lewat menghadiri reuni agar seperti pada tulisan di monumen di ITB tersebut "Sekali teman tetap teman", kecuali .....  yang dulu teman sekarang sudah menjadi suami istri, itu berarti "Dulu Teman, sekarang Teman Hidup" ... :-)

Sekian. Terima kasih.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Narasi foto : Kami, beberapa alumni 6397 berfoto bersama Ibu Yayuk, guru Matematika di SMAN 63  saat kami  masih bersekolah dulu. Beliau dalam perjalanan ingin meninggalkan gedung acara, namun kami masih mengenalinya dan meminta beliau untuk mengambil gambar dengan kami. Semoga Allah memberkahi Ibu Yayuk dan Keluarga, Aamiin




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline