Lihat ke Halaman Asli

Litbang Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh untuk Mitigasi Bencana

Diperbarui: 17 April 2024   08:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Buku "Litbang Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh untuk Mitigasi Bencana Gunung Api" terdiri dari beberapa bab. Berikut adalah ringkasan setiap bab:

Bab I: Pendahuluan
Pada bab ini, diberikan latar belakang mengenai pentingnya pengolahan data penginderaan jauh dalam mitigasi bencana gunung api.

Bab II: Tujuan
Bab ini menjelaskan tujuan dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan, yaitu untuk memahami metode dan kualitas pengolahan data penginderaan jauh guna mitigasi bencana gunung api.

Bab III: Tinjauan Pustaka
Bab ini berisi tinjauan literatur mengenai penginderaan jauh dan aplikasinya dalam mitigasi bencana gunung api.

Bab IV: Bahan dan Metode
Pada bab ini dijelaskan mengenai bahan dan metode yang digunakan dalam penelitian, pengembangan, dan perekayasaan data penginderaan jauh.

Bab V: Hasil dan Pembahasan
Bab ini memuat hasil-hasil penelitian beserta pembahasannya. Beberapa topik yang dibahas antara lain deteksi daerah terkena erupsi gunungapi menggunakan data optis Landsat-8, deteksi prekursor erupsi gunungapi menggunakan data MODIS, dan deteksi perubahan morfologi atau deformasi menggunakan data SAR atau optis resolusi tinggi.

Bab VI: Kesimpulan dan Saran
Pada bab terakhir ini, disajikan kesimpulan dari penelitian serta saran-saran untuk pengembangan selanjutnya dalam pemanfaatan data penginderaan jauh untuk mitigasi bencana gunung api.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline