Lihat ke Halaman Asli

Akhmad Kundari

Pt. Ronin Ekstra

10 Tips Sukses Memulai Usaha kecil dengan Hasil Jutaan Rupiah

Diperbarui: 12 Januari 2025   16:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Microsoft Copilot

Pada zaman sekarang ini banyak sekali orang yang ingin menjadi entrepreuner, baik usaha yang skala kecil, skala menengah dan skala besar, akan tetapi banyak dari setiap orang dalam mendirikan usaha hanya berfikir yang penting usaha tersebut berjalan dulu baru kemudian akan dibuatkan segala sesuatu yang diperlukan untuk usaha tersebut.

Sehingga didalam usaha yang dijalankan tersebut tidak sesuai dengan keinginan dari pendirinya dan tidak berjalan lancar  sehingga terhambat disana sini. Hal ini dikarenakan dalam membuat usaha kurangnya perencanaan yang matang. hal ini menjadi kelemahan setiap pengusaha kecil baik itu UMKM ataupun usaha lainnya yang berbadan hukum perseorangan,cv, pt, koperasi.

Kenapa hal ini sering terjadi? Hal ini terjadi melihat dari apa yang ada di keseharian karena dalam menjalankan semua pengusaha tersebut bersifat hanya coba-coba dulu dengan alasan kalau tidak berjalan maka mereka berhenti batas itu. Kalah dari segi mental dan spirit perjuangan dan yang lebih utama dari hal itu usaha tersebut dibuat tanpa ukuran yang pasti dan lebih banyak melakukan tindakan Amati, Tiru dan Modifikasi ( ATM ) tanpa mempunyai origininalitas dari produk tersebut. Bahkan hanya meniru dari tempat lama si entrepreuner tersebut bekerja  lebih ironisnya lagi tak mampu keluar dari bayang-bayang perusahaan tersebut alias membanggakan almamater kerjanya dulu.

Berikut beberapa  penyebab usaha gagal berkembang dan akhirnya mati;

  • Kurang atau bahkan tidak ada perencanaan bisnis yang jelas
  • Tidak mampu mengidentifikasi peluang secara jelas
  • Kurang dan tidak dapat beradaptasi dengan perubahan zaman dan teknologi yang cepat bekembang
  • Salah memilih pasar atau konsumen yang dituju dalam bisnis
  • Tidak menjalanan pelayanan prima dalam melayani dan menangani konsumen
  • Tidak konsisten dalam kualitas produk dan ukuran
  • Kurang beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan zaman
  • Kurang sumber manusia yang tidak terampil dan tidak terdidik
  • Tidak seimbang kehidupan dan usaha atau bisnis  alias berperilaku hedonis
  • Gagal membangun hubungan dengan pelanggan

Dari sebab-sebab diatas berikut akan kita uraikan masing-masing yang menyebabkan kegagalan usaha,

  • Kurang atau bahkan tidak ada perencanaan bisnis yang jelas tidak ada roadmap
  • Kebanyakan orang-orang di Indonesia menjalankan bisnis dan usaha tidak direncanakan dengan serius, yang menjadi dasar kegagalan mereka karena hanya melihat usaha yang lagi tren saja.
  • contoh :
  • Mia Mahira ingin membuka usaha dagang minuman yang paling mudah dan semua orang paling sering meminumnya, akhirnya dia dapat ide untuk membuat minum teh manis dengan kemasan gelas dengan teknologi sudah ditutup untuk menjaga minum agar hygenis dan indah dilihat atau menarik dan praktis habis minum langsung buang tidak harus mencuci gelas lagi.
  • Maka dia membuat rencana dengan matang mengenai tampilan produknya, dia buat sedemikian rupa agar menarik baik warna dan gambarnya yang mewakili produknya begitu juga dengan grobak/booth atau tempat dagangnya. Dan di beri nama produk tersebut the mia-mu. Begitu dijalankan dengan membuka satu tempat sehingga maju dan laris manis. dan akhirnya ada dimana-mana, sehingga dia berencana lagi mebuka franchise atau kemitraan.
  • Sedangkan sih Hinaryo karena melihat hal tersebut tertarik dan langsung buat dagangan dengan hal yang sama dengan nama teh manis Jawa. Laku tidak ? ya laku tapi usahanya akan terjadi hanya pada saat itu dan tidak berkembang. Karena dia membuat usahnya karena melihat orang lain rame. Makanya dia membuka dagangan yang sama yang pada akhirnya akan tutup. Kerena hanya ikut-ikutan tanpa dengan ada nya perencanaan yang matang.
  • Tidak mampu mengidentifikasi peluang secara jelas
  • Kurangnya pengentahuaan tentang analisa peluang usaha akan membuat usaha yang kamu jalani  tidak berkembang , kan banyak usaha yang bisa dikatakan musiman  yang ketika lagi viral-viralnya usaha tersebut seakan menjajikan untung besar  namun faktanya hanya bertahan seumur jagung saja. Yuk kita ambil contohnya yang hanya trend dan ikut- ikutan dan akhirnya bangkrut dan tamat.
  • Es Kepal milo , Ya ! kamu tidak salah dahulu bagai mana kita melihat es kepal milo ini begitu popular di masyarkat hingga di sepanjang  jalan  banyak kita temui para penjual es kepal ini namun sekarang sudah entah kemana
  • Ec Capucino Cincau, ya Bahkan Es Capuciono cincau ini hadir lebih dahulu dari pada es kepal milo , namun mempunyai nasib sama-sama naas dan harus hilang karena animo masyarakat sudah berkurang bahakan hilang
  • Jadi penting sekali jika akan memulai usaha tentukan dulu sasarannya serta indikasi usahanya apakah untuk jangka waktu yang lama atau hanya bersifat musiman.
  • Jika usaha anda untuk jangka waktu yang lama mulailah di perencanaan dan roadmap yang jelas dan terukur buatkan systim perusahan yang berkulitas dengan alur yang jelas serta mudah di aplikasikan. Namun jika usaha anda untuk usaha musiman tententukan waktu yang akan di tempuh , fokus pada margin yang didapat namun harus mempertimbangkan mutu produk dan layanan.
  • Ketidak mampuan secara jelas dalam mengindentifikasi peluang  adalah bagian kedua dalam penyumbang kegagalan usaha. Contoh  misalkan anda akan membuat usaha  minuman seperti yang dilakukan the Mia Mahira  dengan brandnya The Mia-Mu setidak nya lakukan penjualan yang dekat dengan seklolahan atau lingkungan pabrik atau di jalan yang lebih lambat  arus kendraannya atau di jalan jalan desa sehingga orang akan lebih mudah melihatnya , namun jika Booth Teh di buat di jalan raya pastinya akan lebih kecil peluang orang untuk mebelinya. Tentukan  dan indetifikasi pasar akan  membantu mempermudah dalam menyusun strategi usahamu.
  • Ketidak mampuan beradaptasi dengan perubahan zaman  serta selera masyarakat juga akan membuat usaha berakhir lebih cepat. Sesuaikan dengan konsumen yang akan dituju   berinovasi dengan baik akan membuat usaha makin berkembang dan dapat bertahan lebih lama
  • Jangan salah dalam memilih konsumen, karena sepertihalnya Teh Mia  teh yang dikhususkan untuk kalangan anak mu  dengan varian rasa yang tidak monoton, ( Teh Mia Mu ) minuman anak muda  dengan varian rasa yang unik ( Manggo tea, Pandan tea, Lechi tea,  Guava atau jambu  merah dll ) selain rasa orginalnya yang wasgitel  ( Wangi Sepet legi kentel  alias wangi sepat, manis dan kental )  Sehingga teh yang original ini dapat di nikmati oleh kamun generi  Y dan X atau Baby Boomer
  • Pelayanan perima atau service excellence adalah hal yang perlu di perhatikan seperti  halnya membuat pelanggan tidak menggu terlalu lama, menangani keluhan pelangan dengan serius  dan memberikan solusi.  Jangan sampai pelanggan kecewa dengan produk dan layanan bisa tamat usahamu.
  • Tidak konsisten terhadap produk dan rasa akan membuat usaha mu cepat berakhir. Misalnya dengan mengurangi bahan dan takaran jangan pernah lakukan ini karena sangat berbahaya.
  • Kuranganya beradapatasi dengan technology akan membuat mu tidak bisa menjangkau pasar lebih luas ,jangan menjadi katrok/ kampungan dengan tidak mau belajar
  • Karyawan yang tidak terampil akan membuat banyak keluar biaya  dan pastinya akan memperbesar biaya overhead , jadi pastikan di lakukan pelatihan secara rutin agar semakin terampil.
  • Berperilaku boros  di awal awal usaha dapat membuat biaya hidup lebih besar ketimbang pendapatan yang masuk , jangan pernah terjebak dalam sifat hedon  ini akan membuat usahamu tak mampu bahkan mati.
  • Hubungan dengan pelanggan sangat lah penting , dengan kegagalan membangun hubungan dengan pelanggan, hanya orang yang penasaran sajah setelah itu tidak akan pernah kembali. Kira-kira apa yang akan terjadi selanjutnya pasti sudah dapat di banyangkan akhirnya.

Untuk memulai usaha yang baru dan sudah terkonsep  serta dengan tujuan  yang jelas dapat di mulai dengan membeli frenchise seperti halnya Teh Mia-MU  the minuman anak Muda, dengan biaya akuisisi yang murah mulai dengan Rp. 3.500.000,-  sudah termasuk support produk  dan untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomer  WhatsApp ke 0822 980-980-63  dengan modal yang tidak sampai 5  juta rupiah usaha kamu dapat  kembali modal dengan lebih cepat hanya dengan 6 bulan sajah sudah kembali.

Dengan kamu membeli usaha frenchise teh Mia-Mu kamu sudah  ikut menciptakan peluang kerja serta menciptakan kemandirian ekonomi. Bangsa yang maju jika warga negara nya minimal 2 %  adalah sebagai entreupreuner . Ayo jadi bagian yang ikut membantu memajukan negara dengan menjadi Entrepreuner

Semoga Bermanfaat dan semangat menjalankan usaha Anda , Semoga Sukses

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline