Di dalam menajalan kan roda bisnis perusahaan kita pastinya menggunakan berbagai cara dan langkah agar bisnis tetap berjalan dan lancar , di mulai dengan pemelihan vendor yang tepat, melakukan efiensi di berbagai sektor hingga melakukan penyesuain jumlah karyawan. Strategi marekting di jalankan mulai dari pemasaran digital dan pemasaran berdasarkan relasi hingga konvesional marketing .
Usaha -Usaha kecil terus berusaha untuk bisa bertahan dengan sumber daya yang ada dengan menawarkan jaringan komunikasi yang lebih pendek sebagai kekuatan nya. Yah Hal ini menjadi kekuatan dikarenakan biasa nya struktur organisasi yang masih kecil sehingga memdudahkan pengambilan keputusan di setiap permasalahan bahkan pemilik langsung bisa langung memberikan keputusan final . Hal ini berbanding terbalik dengan perusahaan yang sudah mapan dan besar di mana struktur organisasinya sudah besar dan komplek sehingga membuat setiap pengambilan kebutusan membutuhkan proses yang panjang namun bukan hal ini yang membuat Raksasa memakan kacang , Lantas apakah yang membuat raksasa memakan kacang ? kalo saya bilang kacang itu adalaah project -project kecil dengan margin kecil yang biasa nya diambil oleh usaha usaha pemula atau usaha kecil . ya karena Raksasa / Perusahaan besar tersebut membutuhkan project untuk tetap dapat membiaya biaya Overhead yang besar dan juga untuk mempertahan kan eksistensinya sehingga project- project kecil pun tetap di embat bahkan sampai masuk ke sektor- sektor yang dulu tak disentuh sekarang mulai diambil pekerjaan tersebut.
Lantas bagaimana para kelinci- kelinci ( Usaha Kecil ) kecil tersebut untuk tetap bertahan hidup sementara Raksasa sudah memkan sumbur makanan nya , Raksasa sudah tidak lagi makan Kambing, kerbau, atau Sapi bahkan gajah namun memekan Kacang, ya Solusi nya adalah dengan mempertahan project yang sudah ada jangan sampai lepas dan tetap melakukan perbaikan dengan berbagai metode misal dengan menggunkan SWOT analisis atau bisa juga menggunakan pendekatan KAIZEN sehingga mampu memperbaiki setiap kelemahan yang tidak terlihat.
Dengan ada kondisi Raksasa sudah memakan kacang sebaiknya kita sudah saat kita untuk tetap teliti, hati-hati dan waspada dalam setiap melihat peluang dan menjalankan kesempatan yang ada. Tak jarang sudah dengan hati-hati dan wapasa masih juga tertipu oleh oknum-oknum yang memperjual belikan project , Sudah saatnya kita harus berhati hati , teliti , waspada agar kedepannya tidak merugi dalam menajalan kan kegiatan usahanya.
Penulis menuliskan kisah ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis yang menjalankan kegiatan Usaha di Bidang Facility Services
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H