Lihat ke Halaman Asli

LAPAS KENDAL

Kemenkumham

Pelatihan Excellent Service for Front Office bagi Petugas Lapas Kendal

Diperbarui: 5 Maret 2024   11:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelatihan Excellent Service for Front Office Bagi Petugas Lapas Kendal

Kendal -- Untuk meningkatkan pelayanan publik, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kendal menggelar Pelatihan Excellent Sevice For Front Office ini diikuti oleh petugas garda terdepan dalam pelayanan publik Lapas Kendal, Selasa (5/3). Dalam kegiatan ini, Lapas Kendal menggandeng Bank Rakyat Indonesia Tbk Cabang Kendal.

Saat ini, pelayanan prima merupakan standar pelayanan yang berlaku pada institusi pemerintah atau swasta sebagai kewajiban institusi tersebut sebagai mitra masyarakat. Untuk itu, institusi pemerintah atau swasta harus memiliki standar pelayanan sesuai tugas dan fungsinya agar tingkat keprimaan pelayanan dapat diukur karena kepuasan publik merupakan salah satu ukuran berkualitas atau tidaknya pelayanan tersebut.

Kepala Lapas Kendal, Prayitno, menjelaskan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi jajarannya. "Kami harap peserta pelatihan dapat mengimplementasikan pelaksanaan tugas pokok, fungsi, dan peran Aparatur Sipil Negara dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, modern, dan terpercaya," harapnya.

Apalagi, lanjut Prayitno, Lapas Kendal sedang berproses dalam membangun Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). "Ini adalah proses, salah satu rangkaian komponen untuk membangun ZI berpredikat WBK, yaitu peningkatan dan perbaikan pelayanan sektor publik yang merupakan kebutuhan yang mendesak," tambahnya.

Tidak hanya materi tentang public speaking dan layanan publik yang diberikan, tapi juga praktik langsung yang diajarkan oleh para narasumber pada kegiatan ini. Dengan suasana santai, para pegawai begitu pro aktif melakukan tanya jawab dan maju ke depan untuk memberi contoh bagaimana public speaking yang baik dan belajar memecahkan masalah pada berbagai tipe kasus di layanan publik dengan tetap mengedapankan komunikasi visual, gerakan dan bahasa yang baik.

Narasumber pelatihan yang merupakan Service Quality Health Bank BRI cabang Kendal, Naimah, memberikan materi sekaligus melatih peserta untuk bisa berbicara di depan publik. Materi yang dilatihkan antara lain the power public speaking, visual, voice, dan verbal.

Peserta juga dikenalkan tema standar pelayanan publik dan berdasarkan tema tersebut mereka terbiasa berbicara dengan banyak orang, memberikan pelayanan dengan hati kepada masyarakat, serta mampu memberikan service excellent.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline