Lihat ke Halaman Asli

Muhammad ImamAkhfas

Mahasiswa/Guru Tahfidz Al-Quran

Pembentukan Karakter Siswa melalui Program Tahfidz Al-Quran di Sekolah

Diperbarui: 16 November 2023   19:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

(Artikel yang saya tulis dengan judul Pembentukan Karakter Siswa Melalui Program Tahfidz Al-Quran di Sekolah tersebut relevan dengan aktivitas saya sebagai pengajar program tahfidz Al-quran. Dalam artikel singkat ini, studi kasus saya ambil dari tempat saya mengajar yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tanwiriyyah Kabupaten Cianjur).

Pembentukan karakter menjadi salah satu tujuan penting dalam proses pendidikan, sebagaimana yang tercantum dalam UU No. 20  Tahun 2003 Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang bertanggung jawab. Jika kita amati pasal tersebut, banyak karakter baik yang ditekankan sebagai fungsi pendidikan.

Mengingat karakter itu sangat penting, maka lembaga pendidikan  mempunyai tanggung jawab menanamkannya dalam proses pembelajaran. Penguatan nilai-nilai karakter tidak hanya didapatkan pada aktivitas belajar mengajar sesuai kurikulum yang telah ditetapkan, namun didukung  dengan program tertentu dalam menguatkan karakter serta mengembangkan kemampuan siswa. Sehubungan dengan hal itu MTs Tanwiriyyah Cianjur menyelenggarakan program tahfidz  Al-Quran yang diharapkan siswa dekat dengan Al-Quran sehingga membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Dalam Al-Quran banyak sekali ayat yang berbicara tentang karakter atau akhlak yang mulia, seperti dalam surat Al-Isra ayat 23 tentang berbakti kepada orang tua

۞وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعۡبُدُوٓاْ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلۡوَٰلِدَيۡنِ إِحۡسَٰنًاۚ إِمَّا يَبۡلُغَنَّ عِندَكَ ٱلۡكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوۡ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفّٖ وَلَا تَنۡهَرۡهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوۡلٗا كَرِيمٗا 

”Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”

Al-A’raf ayat 199 tentang sifat pemaaf

خُذِ ٱلۡعَفۡوَ وَأۡمُرۡ بِٱلۡعُرۡفِ ….

”Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma'ruf....”

Tentunya masih banyak lagi ayat Al-Quran yang berkaitan dengan akhlak, karena itu melalui program tahfidz ini diharapkan nilai-nilai kebaikan yang terdapat dalam ayat-ayat Al-Quran tidak hanya melekat dalam ingatan namun juga dapat dipraktikan dalam kehidupan.

Program tahfidz ini dilaksanakan setiap satu minggu sekali dengan alokasi waktu 80 menit, dengan menggunakan metode seperti yang diajarkan oleh pesantren yakni siswa membaca terlebih dahulu ayat atau surat yang akan dihafalkan lalu menghafal ayat demi ayat, setelah dirasa lancar maka siswa menyetorkan hafalannya  kepada guru tahfidz. Adapula metode tikror atau muroja’ah, setiap siswa akan diminta untuk mengulang hafalan yang telah mereka setorkan sebagai upaya penguatan hafalan yang telah dimiliki. Siswa yang telah menyelesaikan hafalan satu juz diwajibkan untuk tasmi’ artinya memperdengarkan hafalan satu juz nya dalam satu kali setoran, hal ini dilakukan sebagai bentuk penjagaan hafalan Al-Quran dan sebagai syarat untuk dapat melanjutkan ke juz berikutnya.

Pembentukan karakter melalui program tahfidz ini dilakukan melalui langkah-langkah dalam proses belajar mengajar. Guru tahfidz  akan memulai pembelajaran dengan do’a bersama dilanjutkan dengan muroja’ah hafalan. Pembiasaan ini merupakan metode untuk mengarahkan siswa melakukan sesuatu yang baik secara berulang-ulang. Pada akhir pembelajaran guru tahfidz akan menyampaikan kisah-kisah hikmah  yang terdapat dalam ayat atau surat yang sedang dihafal oleh siswa,  dengan cara itu diharapkan siswa tidak hanya menghafal namun dapat memaknai hafalannya dan lebih mudah untuk diamalkan. Jika dilihat lebih dalam proses pembelajaran tahfidz Al-Quran secara tidak langsung membentuk berbagai karakter baik sebagai berikut :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline