Lihat ke Halaman Asli

andy_the_learner

Pengajar Bahasa Inggris

Streetbees ada di Gmail!

Diperbarui: 13 Agustus 2024   06:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Beberapa hari ini saya tidak mengecek e-mail sehingga tidak tahu ada dua buah e-mail dari Streetbees yang masuk ke inbox. Saat saya buka kedua e-mail tersebut, ternyata itu adalah sebuah fitur Streetbees yang menawarkan untuk mengisi survey. Lho bukannya Streetbees ada aplikasi nya sendiri ya? Iya benar! Makanya saya juga terkejut kenapa kok ada penawaran mengisi survey di Streetbees lewat jalur G-mail!

Ternyata Streetbees menawarkan kesempatan pada para kontributornya untuk mengisi survey diluar aplikasinya. Cara ini menjadi tergolong aneh karena Streetbees memiliki sebuah aplikasi yang selalu dimanfaatkan untuk kebutuhan survey online-nya. Saya pun mencoba meng-kontak Streetbees melalui layanan get in touch pada aplikasi Streetbees. Setelah beberapa saat, keraguan saya atas benar tidaknya email tersebut berasal dari Streetbees pun terjawab. Salah seorang customer service officer di Streetbees, Georgina, mengkonfirmasi bahwa Streetbees di Gmail merupakan layanan baru dari Streetbees untuk menjangkau para kontributor yang berkeinginan untuk dapat mengisi survey online, selain yang tersedia pada aplikasinya.

Kedua e-mail tersebut kemudian saya coba buka satu per satu. E-mail pertama menawarkan saya untuk mengisi survey berkenaan dengan olahraga yang saya sukai. Streetbees menyatakan hanya dibutuhkan waktu 2 menit untuk mengerjakan 6 pertanyaan yang diajukannya. Saya pun mencoba membukanya dan memang ada pertanyaan yang diajukan berkenaan dengan jenis olahraga apa yang saya sukai, tim favorit, dan momen olahraga apa yang tidak terlupakan. Saya pun mengisi pertanyaan-pertanyaan itu dengan cepat. Jawaban yang diminta tentu tidak hanya ya atau tidak, atau hanya sekedar satu kalimat singkat. Streetbees selalu meminta kontributornya agar menuliskan jawabannya dengan menyertakan deskripsi yang cukup detail.

E-mail kedua saya buka, dan saya diminta untuk mengisi survey berkenaan dengan video game favorit saya. Dalam survey tersebut diajukan pertanyaan yang berhubungan dengan apa game favorit saya, kebiasaan bermain game dan apa yang membuat sebuah game sempurna. Jumlah pertanyaan yang sama. Dan waktu yang kurang lebih sama pula. Setelah itu, saya perlu memasukkan nama email saya yang menjadi email akun Paypal agar jika sudah di approved, maka Streetbees akan segera mentransfer honornya.

Survey Streetbees sudah menjadi bagian dalam hidup saya  guna mencari cuan dollar selama beberapa bulan terakhir. Ada yang berhasil (approved), ada pula yang ditolak (rejected). Layanan Streetbees on Gmail ini, menurut saya, memberikan beberapa keuntungan, antara lain:

  • Survey yang diminta langsung ditujukan kepada kontributor. Otomatis, jumlah spot nya sudah diatur oleh Streetbees dan kita tidak perlu berebut untuk segera mengisinya. Saat ada waktu luang, kita bisa mengisinya tanpa khawatir apakah masih ada spot pengisian atau tidak.
  • Survey yang diminta biasanya tidak memerlukan pengambilan foto. Dari 2 survey yang dikirim ke email saya, Streetbees menawarkan survey berupa opini tentang kegiatan favorit. Hal ini bisa dikatakan mudah untuk dikerjakan. Tanpa perlu upload foto dan scan barcode dari produk, yang biasanya ada pada aplikasi Streetbees.
  • Survey ini juga memperhatikan waktu pengerjaan. Seperti layaknya survey Streetbees yang selalu menekankan berapa lama seorang kontributor dapat mengerjakannya, tawaran di Gmail ini juga demikian. Dua email Streetbees yang masuk ke email saya dapat dikerjakan dalam waktu 2 menit dan berisi hanya 6 pertanyaan.
  • Cuan yang ditawarkan lebih tinggi. Dua survey tadi ditawarkan dengan cuan Rp. 1.100,- saja (pada aplikasi Streetbees biasanya Rp. 600,-) . Akan tetapi, saya meyakini, Streetbees akan mempertimbangkan cuan yang lebih besar bagi pada kontributornya yang setia.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline