Lihat ke Halaman Asli

Pendidikan Moral Sejak Dini

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

PENDIDIKAN MORAL SEJAK DINI Banyak berita berkembang di media massa tentang pelecehan seksual terhadap anak-anak, entah mengapa anak-anak yang menjadi sasaran empuk. Apakah karena diusia anak-anak masih sangat mudah untuk dirayu, dibohongi, dikelabui dan sebagainya? Atau ada faktor lain? Entah apakah itu? Yang pasti saat ini terjadi keresahan di kalangan sebagian orang tua, khususnya di lingkungan tempat tinggal terjadinya kasus pelecehan seksual itu. Rasa ketakutan pasti ada dalam diri setiap kita yang merasa sebagai orang tua. Karena kita sebagai orang tua tidak mungkin bisa menjaga serta memberikan rasa aman kepada anak-anak kita secara 100% saat mereka di luar rumah. Sayangnya sebagian orang tua tidak menyadari akan hal benteng pertahanan awal untuk dapat terhindar dari kasus pelecehan seksual. Pendidikan Keluargalah bentang awal Perlindungan Untuk dapat terhindar dari masalah atau kasus tersebut. Kita sebagai orang tua harusnya menyadari bahwa anak-anak kita bukan pilihan kita , juga mereka menjadi anak-anak kita bukan karena keinginan mereka, tetapi karena sudah ketentuan Tuhan yang harus kita terima sebagai manusia.
Kemudian karena apa yang telah Tuhan tentukan untuk kita, maka itulah amanah yg harus kita tunaikan/jalankan sebagai orang tua untuk dapat memberikan perlindungan kepada anak-anak.
Juga harus kita sadari sebagai Orangtua bahwa kitalah yang ingin memiliki anak dan keinginan kita adalah janji kita kepada Tuhan. Pendidikan awal yang harus kita tanamkan pada anak-anak kita dalam pendidikan keluarga adalah pendidikan Moral/akhlak. Bagaimana mungkin kita sebagai orang tua berharap moral yang baik dari anak-anak kita, sedangkan kita sebagai orang tuanya tidak pernah memberikan pendidikan tentang moralitas kepada anak-anak kita.

Jangan berharap banyak pada anak-anak kita, bila kita tidak mendidik mereka. Dan yang sangat penting harus kita lakukan dalam pendidikan keluarga kepada anak-anak kita, Janganlah kita menginginkan anak-anak kita memiliki moralitas yang baik sebelum kita sendiri sebagai orang tua memiliki moral yang baik pula.
Juga perlu di ingat oleh kita semua sebagai orang tua bahwa pendidikan sebagus apapun di lingkungan sekolah tidak menjadi jaminan anak tersebut bermoral baik. Terkadang kita sebagai orang tua banyak menuntut kepada pihak sekolah akan hasil yang di capai oleh anak-anak kita. Dengan alasan kita sudah bayar mahal, memang itu betul adanya. Karena itu jelaslah sudah bahwa formula yang ampuh agar anak-anak kita bisa terhindar dari kasus pelecehan seksual sebagai korban ataupun pelaku adalah PENDIDIKAN MORAL dalam keluarga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline