Dalam mengemban semangat Sustainable Development Goals (SDGs), upaya bersama menuju dunia yang lebih baik dan berkelanjutan menjadi semakin penting. Salah satu aksi nyata yang dapat kita lakukan adalah melalui perilaku sehari-hari terkait pengelolaan sumber daya air.
Berbagai cara bijak mesti ditempuh dan dibiasakan terkait pengelolaan air baik dari lingkungan rumah, apalagi di lingkungan sekolah yang cocok untuk mengintegrasikan proses pendidikan yang dampak positifnya sangat dibutuhkan dalam keberlanjutan kehidupan.
Untuk lingkungan sekolah, terutama yang telah bergabung dalam program Adiwiyata (sekolah berwawasan lingkungan), maka akan memiliki peran krusial dalam menanamkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan air.
Sekolah memfokuskan diri pada lingkungan akan memprioritaskan program-program yang mendukung ketersediaan air bersih dan keberlanjutan penggunaannya.
Langkah-langkah konkret biasanya diimplementasikan mulai dari pengumpulan air hujan, penerapan teknologi ramah lingkungan dan sederhana untuk penghematan air, hingga mengedukasi siswa tentang manfaat dan cara pengelolaan sumber daya air.
Pendidikan berperan penting dalam perubahan perilaku generasi yang positif. Untuk itu, sekolah mengintegrasikan melalui kurikulum sekolah yang memberikan pengetahuan tentang pentingnya pengelolaan air dan bagaimana menjaga memanfaatkannya dengan bijak.
Lingkungan sekolah dapat menjadi contoh nyata dalam pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan. Siswa diajak untuk terlibat aktif dalam menjaga lingkungan dan pengelolaan sumber daya air.
Yang paling penting dari adanya program-program tersebut di sekolah tidak hanya mengajarkan kepedulian lingkungan kepada siswa, tetapi juga mendorong kesadaran dan aksi nyata dalam menjaga air sebagai sumber kehidupan.
Dengan demikian, semoga anak didik dapat menjadi agen perubahan mulai saat ini serta juga pembawa perubahan di masa depan mengemban semangat Sustainable Development Goals (SDGs) secara berkesinambungan.