Lihat ke Halaman Asli

Akbar Pitopang

TERVERIFIKASI

Berbagi Bukan Menggurui

Membahas Polemik Pro-Kontra Perpisahan dan Wisuda Sekolah

Diperbarui: 18 Juni 2023   06:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi perpisahan atau wisuda sekolah. (Sumber: iStock/fatihhoca)

Acara perpisahan dan wisuda sekolah telah berlalu, namun meninggalkan polemik dan menjadi pergunjingan para orangtua dan wali murid terutama di media sosial.

Jujur saja, bahwa baru dua hari yang lalu saya menyimak topik perbincangan mengenai hal ini di media sosial. Setelah saya perhatikan ternyata di antara orangtua ada yang pro dan kontra mengenai pelaksanaan acara perpisahan dan atau wisuda di sekolah.

Ada satu hal yang paling mencolok yakni mengenai permasalahan biaya yang dirasa memberatkan. Dimana saat ini orangtua juga sedang mempersiapkan biaya untuk proses PPDB anaknya ke jenjang berikutnya.

Lain dari itu, saya sangat menyesalkan adanya orangtua atau wali murid yang mengkambing hitamkan pihak sekolah dan guru tentang hal pelaksanaan acara perpisahan dan iuran yang memberatkan tersebut.

Untuk itu, marilah kita semua disini untuk bersikap terbuka, berbagi pandangan mengenai pelaksanaan acara perpisahan dan wisuda sekolah, serta tidak mencari siapa yang salah dan siapa yang benar. 

Acara perpisahan sekolah telah menjadi tradisi di dunia pendidikan dan merupakan bagian penting dalam menyampaikan pesan kesopanan dan etika kepada para siswa. 

Acara perpisahan sekolah memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengakhiri masa sekolah mereka dengan baik dan memberikan penghormatan kepada mereka atas pencapaian dan upaya mereka selama bertahun-tahun.

Selain itu, acara perpisahan sekolah juga memberikan kesempatan bagi siswa, guru, staf sekolah dan orangtua/wali murid untuk berkumpul dan mengenang momen-momen indah selama masa studi. 

Ini adalah waktu untuk melihat kembali perjalanan perjuangan anak-anak, mengucapkan terima kasih kepada guru dan staf yang telah membimbing siswa, dan mengucapkan selamat tinggal kepada teman-teman senasib seperjuangan untuk memberikan semangat kepada mereka dalam menghadapi masa depan.

Bagaimana pandangan orangtua yang setuju?

Selain di Indonesia, acara perpisahan sekolah juga umum di negara-negara lain sebagai bentuk menghormati pencapaian siswa dan memberikan momen penting dalam transisi anak didik ke tahap berikutnya dalam pendidikan atau kehidupan yang baru. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline