Lihat ke Halaman Asli

Akbar Pitopang

TERVERIFIKASI

Berbagi Bukan Menggurui

Ada "Surga yang Dirindukan" di Kampung Halaman

Diperbarui: 25 April 2023   02:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ada "Surga yang Dirindukan" di Kampung Halaman.(Foto Akbar Pitopang) 

Lebaran identik dengan tradisi pulang ke kampung halaman yang populer disebut dengan istilah mudik. Pada momen perayaan hari besar umat Muslim ini, kegiatan pulang kampung pun dilakukan setiap tahunnya. 

Selama lebaran, banyak umat Muslim merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk bersilaturahmi, memohon maaf, serta saling memberi THR maupun berbagi makanan. 

Selain itu, lebaran juga dianggap sebagai waktu yang tepat untuk kembali ke kampung halaman dan bertemu dengan keluarga, kerabat dan teman-teman lama.

Mudik ke kampung halaman selama lebaran telah menjadi tradisi yang berlangsung bertahun-tahun di Indonesia. 

Banyak orang yang merantau misalnya bekerja di kota besar merindukan momen untuk pulang ke kampung halaman supaya bisa berlebaran bersama dengan keluarga. 

Mudik ke kampung halaman juga menjadi kesempatan untuk memperkuat hubungan sosial dan budaya antara perantau dengan pedesaan.

Begitu pula adanya keterikatan emosional dengan tempat kelahiran yang sulit untuk digantikan. Banyak orang yang merindukan kampung halaman mereka karena ada beberapa hal yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Seperti misalnya keindahan alam, makanan khas daerah yang lezat, keaslian budaya dan tradisi lokal yang unik dan menarik, lingkungan yang lebih tenang dan nyaman, keramahan dan kebaikan hati penduduk lokal, maupun kesederhanaan hidup yang lebih mudah ditemukan di pedesaan daripada di perantauan.

***

Saya adalah seorang perantau. Hidup dan menetap di perantauan artinya hidup jauh dari orang tua, keluarga dan kampung halaman tercinta.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline