Lihat ke Halaman Asli

Akbar Pitopang

TERVERIFIKASI

Berbagi Bukan Menggurui

Pentingnya Kisi-kisi Soal Ujian dan Proses Pembentukan Karakter Peserta Didik

Diperbarui: 5 Desember 2022   03:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana kelas tatkala siswa mengikuti ujian di salah satu SD di Pekanbaru (foto Akbar Pitopang)

Masa Ujian Semester akan segera datang. Seluruh siswa dan guru akan disibukkan dengan kegiatan penting yang satu ini dalam proses pendidikan.

Bagi seluruh siswa mengikuti ujian merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Pelaksanaan ujian merupakan salah satu bentuk proses evaluasi atau penilaian hasil belajar siswa yang telah dilakukan selama satu semester.

Nilai yang diperoleh siswa nantinya dapat dijadikan salah satu patokan untuk mengukur tingkat keberhasilan ketercapaian siswa memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.

Seluruh siswa hendaknya dapat benar-benar fokus untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan ujian ini agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Saat ini, Kompasiana memiliki ruang tersendiri bagi pelajar dan guru menyampaikan ide, gagasan, masukan, serta segala sesuatu hal yang perlu dibahas bersama demi mensukseskan dunia pendidikan di Indonesia.

Berbicara tentang apa saja yang dilakukan oleh pelajar guna mempersiapkan diri mengikuti ujian ini, sepertinya sudah banyak diantara pelajar yang membahasnya disini.

Ketika kami simak ternyata apa yang diungkapkan oleh para pelajar tersebut sungguh sangat menarik dan memberikan wawasan kepada pelajar lain tentang bagaimana mempersiapkan diri dengan baik untuk dapat mengikuti ujian.

Namun, kali ini izinkan kami selaku guru untuk menyampaikan suatu hal yang penting untuk ditindak lanjuti baik oleh guru maupun siswa sebelum dilaksanakannya kegiatan ujian.

Tak lain dan tak bukan adalah pembahasan kisi-kisi soal ujian.

Ya, sangat penting dilakukan pembahasan kisi-kisi soal ujian sebagai gambaran bagi siswa tentang materi apa saja yang akan keluar nantinya dalam bentuk soal ujian.

Ketika siswa mengetahui kisi-kisi soal ujian maka mereka bisa memetakan materi apa saja yang harus dipelajari ulang sebelum ujian. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline