Lihat ke Halaman Asli

Akbar Pitopang

TERVERIFIKASI

Berbagi Bukan Menggurui

Tips Jitu agar Terhindar Denda Tagihan Listrik Jebakan PLN

Diperbarui: 27 Agustus 2022   03:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi listrik, Ilustrasi meteran listrik.(Foto: Shutterstock/Sunshine Studio via Kompas.com)

Kebutuhan sumber listrik dalam kehidupan kita sehari-hari dewasa ini menjadi sesuatu yang harus terpenuhi dengan baik.

Masyarakat kini baik yang tinggal di perkotaan maupun di perkampungan desa sudah bergantung dengan sumber daya listrik ini.

Listrik tidak hanya sekedar dimanfaatkan warga sebatas sebagai sumber daya untuk penerangan. Lebih dari itu, kini listrik digunakan untuk memasak, memanaskan makanan dan minuman, serta sebagai sumber daya untuk mengoperasikan segala macam jenis perangkat elektronik guna menunjang segala aktivitas dan kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Jika zaman dahulu kala masyarakat masih bisa menggunakan kayu bakar untuk memasak, walau masyarakat zaman now masih bisa melakukan cara tersebut. Namun hal itu sudah menjadi sesuatu hal yang dicap kuno karena sudah mulai ditinggalkan.

Kembali kita pada sumber daya listrik tadi bahwa di Indonesia sendiri hingga saat ini yang masih berkuasa penuh dalam urusan kelistrikan ini dipegang oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara).

Kita masih bergantung kepada PLN untuk kebutuhan pemenuhan sumber daya listrik lantaran konektivitas jaringan kabel listrik PLN yang sudah sangat memadai dan menjangkau ke berbagai pelosok penjuru negeri.

Ketika masyarakat membangun rumah atau bangunan maka mereka akan langsung memasang meteran listrik PLN di rumahnya.

Kondisi ini terjadi lantaran mungkin memang PLN masih menjadi satu-satunya penyedia sumber listrik di negeri ini --- belum ada pesaing --- menjadikan masyarakat mau tak mau harus bergantung dan menyerahkan kuasa kelistrikan kepada PLN.

Walaupun pada saat ini masyarakat ada yang tidak bergantung dengan PLN dengan cara memasang sumber listrik manual bertenaga surya misalnya, namun jumlahnya masih sangat sedikit dan terbatas.

Ya sudah, intinya kita sudah bisa mengakses sumber daya listrik untuk melengkapi dan menunjang segala bentuk kebutuhan di kehidupan sehari-hari. Selanjutnya kita berterima kasih kepada PLN untuk itu semua.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline