Lihat ke Halaman Asli

Akbar Pitopang

TERVERIFIKASI

Berbagi Bukan Menggurui

Prinsip "Take and Give" dalam Donor Darah

Diperbarui: 14 Juni 2022   09:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Donor darah (Sumber: shutterstock)

Sudahkah Anda donor darah?

Donor darah, salah satu aksi nyata untuk berbagi kebaikan yang bisa dilakukan oleh semua orang dengan cara yang sangat sederhana. Semua orang bisa jadi pahlawan, cukup dengan melakukan aksi donor darah.

Donor darah merupakan sebuah aksi berbagi kebaikan dan kepedulian kepada sesama. Dengan mendonorkan darah kita walau hanya setetes maka akan sangat berguna bagi sesama yang sedang membutuhkan.

Sebenarnya tidak alasan bagi kita untuk tidak mau donor darah. Mengapa? Karena donor darah akan memberikan kita banyak manfaat. Selain tubuh menjadi sehat, hati dan jiwa pun akan tenang dan diliputi ketenteraman.

Hidup menjadi lebih berarti ketika kita mendonorkan darah kita. Di luar sana banyak sekali orang-orang yang sedang berjuang mencari darah demi keselamatan dirinya mau keluarganya yang sedang membutuhkan darah.

Izinkan kami mengemukakan pertanyaan sederhana yang mungkin dapat membuka mata hati kita bersama terkait aksi donor darah bagi sesama.

Penulis ikut mendonorkan darah (Dokumentasi pribadi)

Wahai saudaraku, yang saat ini masih belum mau untuk mendonorkan darahnya, apakah saudara menunggu ada anggota keluarganya yang sedang berjuang mencari darah maka barulah tergerak untuk mendonorkan darahnya?

Apakah saudara bisa menjamin bahwa selama hidup ini saudara tidak akan membutuhkan darah karena menganggap senantiasa dalam keadaan sehat dan bugar?

Jika memang saudara selalu dalam keadaan sehat dan mungkin memang tidak membutuhkan darah. Apakah keluarga saudara juga demikian?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline