Lihat ke Halaman Asli

Akbar Pitopang

TERVERIFIKASI

Berbagi Bukan Menggurui

Sekolah Negeri VS Sekolah Swasta, Tak Ada yang Hebat dalam Segala Hal

Diperbarui: 1 Juni 2022   08:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sekolah negeri VS sekolah swasta? (Dok. Pixabay via Kompas.com) 

Di Indonesia, kita mengenal yang namanya sekolah negeri dan juga sekolah swasta. Sekolah negeri dibawah naungan pemerintah. Sedangkan sekolah swasta dikelola oleh yayasan atau komunitas.

Jumlah sekolah negeri maupun sekolah swasta di indonesia sudah ribuan tersebar dari sabang sampai merauke.

Keberadaan sekolah negeri dan sekolah swasta yang selalu berdampingan dimanapun lokasi mereka berada memberikan pilihan bagi masyarakat untuk dapat mengakses pendidikan sesuai kebutuhannya.

Kualitas yang dihadirkan oleh sekolah negeri maupun sekolah swasta sama-sama memiliki perbedaan. Serta antara sekolah negeri maupun sekolah swasta masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Masyarakat sebagai pengguna jasa pendidikan bebas memilih dimana akan menyekolahkan anaknya. Apakah akan disekolahkan di sekolah negeri maupun sekolah swasta.

Namun, sebelum melakukan finalisasi keputusan, hendaklah para orang tua mencermati beberapa hal sebelum benar-benar memutuskan pilihan antara sekolah atau sekolah swasta.

Sekolah negeri maupun swasta sama-sama akan memperhatikan fase perkembangan anak (ANTARA FOTO/Rahmad) 

Perhatikan Fase Perkembangan dan Tingkat Kemampuan Anak

Hal utama yang perlu diperhatikan oleh para orang tua yang akan menyekolahkan anaknya adalah tentang fase perkembangan dan seperti apa tingkat kemampuan si anak.

Karena yang menjalani atau mengalami proses pendidikan adalah anak di sekolah. Orang tua hanya mengawasi perkembangan yang telah diraih anaknya di sekolah.

Sekolah negeri menerapkan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Semua sekolah negeri menerapkan kurikulum yang sama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline