Lihat ke Halaman Asli

Akbar Firmansyah

penulis pemula

Program Magang Mandiri Mbkm PKKM, Pengalaman Mahasiswa Magang di PT. Colar Creativ Industri

Diperbarui: 29 November 2023   17:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek dengan memberikan hak kepada Mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studi selama 1 semester dan berkegiatan di luar perguruan tinggi selama 2 semester. Perguruan tinggi diberikan kebebasan untuk menyediakan kegiatan Kampus Merdeka yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mahasiswanya. Pengalaman Mahasiswa di kegiatan Kampus Merdeka akan berpengaruh besar terhadap kesiapan karir mahasiswa dengan cara memastikan Mahasiswa terus menyimak perubahan dunia luar kampus selama berkuliah dan dapat kesempatan untuk menerapkan ilmu kepada masalah di dunia nyata.

            Nah begitulah penjelasan singkat mengenai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sebelumnya perkenalkan saya Akbar Firmansyah mahasiswa DKV UPN "Veteran" Jawa Timur saat ini saya baru menempuh pendidikan di semester 5, dan pada semester ini saya mengikuti program yang dibuat pemerintah yaitu PKKM, dimana mahasiswa dapat mengkorversi sebanyak 20 sks mata kuliah yang diampu untuk digantikan dengan magang di beberapa Perusahaan yang telah ditentukan selama 4 bulan mulai dari bulan (Agustus-November), saat ini saya telah menyelesaikan magang yang dilakukan dan ingin berbagi pengalaman dengan kalian yang sedang membaca artikel ini.

            Pada saat itu saya melaksanakan magang di PT. Colar Creativ Industri yang mana mahasiswa yang magang di tempat yang sama dengan saya terdapat 10 orang yang masing-masing memiliki jobdesk yang berbeda-beda, dengan pembagiannya yaitu terdapat 4 orang desainer, 2 orang konten creator, 2 orang strategis, dan 2 orang fotografer/videografer. Nah pada saat magang saya diposisikan pada bagian fotografer/videographer yang mana tugasnya yaitu melakukan foto produk pada brand Colar Living.

            Colar Living yaitu bagian dari Colar Creativ Industri yang berfokus pada penjualan produk kitchenware yang mana berisi produk dapur seperti mangkok, sendok, gelas, dan lain-lain yang terbuat dari akar kayu jati. Nah sebagai fotografer sekaligus videografer saya memiliki tugas melakukan foto produk dan juga shooting video untuk konten di Instagram maupun di TikTok. Salah satu pengalaman berharga saya yaitu saat pertama kali di berikan tanggung jawab mengenai foto produk Colar Living, pada saat itu saya belum pernah melakukan foto produk dan dari tanggung jawab itu saya belajar banyak hal mengenai bagaimana proses atau cara melakukan foto produk.

Satu hal yang membuat pengalaman magang saya benar-benar berkesan adalah budaya perusahaan yang inklusif dan kolaboratif. Meskipun saya hanya seorang magang, saya merasa dihargai dan diakui atas kontribusi saya. Saya juga mendapatkan umpan balik konstruktif yang membantu saya tumbuh dan berkembang sebagai seorang profesional.

Pada akhir magang, saya merasa lebih percaya diri dan siap menghadapi tantangan di dunia kerja. Pengalaman ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan teknis saya tetapi juga membantu saya mengenali passion dan minat saya di bidang teknologi. Saya meninggalkan perusahaan dengan rasa syukur dan berharga, siap mengaplikasikan semua yang saya pelajari selama magang ke masa depan karier saya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline