Lihat ke Halaman Asli

Telaah Kalender, Kontak, dan Task Office 365 (Refleksi 3)

Diperbarui: 17 Juni 2015   15:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam Microsoft Office 365 kita disediakan menu kalender, kontak dan tugas pribadi yang dapat kita kelola sendiri untuk kepentingan dan kebutuhan kita. Dengan kalender, kita dapat mengagendakan semua kegiatan kita selama seminggu, sebulan bahkan sampai setahun. Dengan adanya kalender, kita dapat membuat peringatan secara otomatis tentang agenda kita, membuat jadwal kegiatan serta aktifitas lainnya. Pada menu kalender di office 365 pengelolaannya cukup mudah dipahami, Ada beberapa tampilan yang bisa kita buat, antara lain tampilan Day (harian), Work week (hari kerja), week (minguan), serta Month view ( Bulanan). Salah satu keunggulan dari kalender pada office 365 adalah adanya pengelolaan Appointment, Appointment adalah suatu peringatan agenda otomatis yang bisa dikelola sesuai keinginan kita. Misalkan jika kita mempunyai agenda kegiatan tertentu, maka dapat kita buat alarm sesuai dengan jadwal kegiatan yang dapat mengingatkan kita akan acara tersebut. Berikut contoh jadwal kami yang sudah tercatat dalam Office 365.

Gambar. Tampilan Kalender

Selain kalender, kita bisa memanfaatkan layanan kontak dan tugas pribadi. Pada pengelolaan Kontak, kita dapat membuat grup atau kelompok yang sesuai dengan keinginan kita sehingga jika kita ingin mengirimkan email, cukup dikirim ke anggota kelompok yang kita miliki, sehingga gak perlu nulis alamat email satu per satu. Kemudian salah satu menu penyedia yang cukup menarik adalah adanya Tugas Pribadi. Tugas Pribadi (Task) merupakan salah satu catatan tugas yang berguna untuk  mengingakkan kita selama perjalanan.

Dari ketiga penyedia layanan diatas, jika diterapkan untuk kebutuhan Guru dalam kegiatan belajar mengajar akan sangat bermanfaat. Dari Kalender  dan Tugas Pribadi, kita dapat merencanakan sesuatu sesuai jadwal yang telah dibuat. Salah satu contohnya yang bisa kita kelola adalah pengaturan minggu effektif kegiatan belajar mengajar, serta penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pada menu kontak kita bisa membuat grup kontak dalam satu kelas, sehingga memudahkan guru jika suatu saat memberi penugasan ataupun menyampaikan materi lewat Email.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline