Lihat ke Halaman Asli

Akbar Bare

mahasiswa

Mengapa Sastra Populer Penting bagi Mahasiswa Indonesia?

Diperbarui: 4 Juli 2024   02:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sastra populer adalah mata kuliah yang penting bagi mahasiswa sastra indonesia. sastra populer adalah genre dalam litlatur yang mencakup karya-karya yang mudah di akses dan di nikmati oleh khalayak luas.genre karya sastra populer ini mencakup berbagai bentuk, seperti novel,film dan juga lagu yang sering kali memiliki gaya bahasa dan penulisan yang ringan . Sastra populer lebih sering kali di anggap lebih mudah di baca dan menyenangkan di banding sastra serius dan sastra tinggi yang mungkin memiliki gaya penulisan yang lebih kompleks dan tema yang lebih berat.

Menurut Clifford Geetrtz," istilah sastra populer merupakan turunan dari istilah kebudayaan masa yang terdapat di dalam pengkategoriaan kebudayaan menjadi kebudayaan elit/adiluhung (tinggi) atau hight culture dan kebudayaan masa (rendah) atau masa culture. Sebagai produk budaya sastra populer", tentu saja karya sastra ini banyak di minati oleh masyarakat luas. karya sastra atau cerita yang di sajikan memang dekat dan lekat dengan masyarakat sehari-hari yang kemudian menjadi salah satu daya tarik dari sastra populer.

Karya sastra populer yang melekat dengan masyarakat ada "tenggelamnya kapal van der wijck", adalah karya sastra legendaris indonesia yang di tulis oleh Haji abdul malik karim amrullah. atau lebih di kenal dengan hamka novel yang terbitkan pada tahun 1938 dan telah di jadikan film layar lebar pada tahun 2013 . baik novel maupun film mengisahkan tentang cinta yang penuh dengan liku dan tragedi antara zainudin dan hayati. novel yang terus di cetak ulang, menunjukan bahwa cerita ini telah bertahan dalam ujian waktu dan tetap relavan bagi pembaca dari generasi ke generasi. hingga akhirnya di adaptasikan film pada tahun 2013 dan di bintangi oleh Herjunot ali,Pevita pearce dan Reza rahardian. yang membantu memperluas jangkauan cerita ini ke audiens yang lebih luas, film tersebut mendapat sambutan hangat dari penonton dan kritikus, yang menunjukan daya tarik yang lebih kuat di media modern.

Sastra populer bukan hanya tentang Novel dan Film, tetapi juga sastra populer terdapat lagu, ada lagu yang kerap anak muda sastra dengar yaitu lagu yang berjudul "untuk segala hal yang menghidupi" lagu yang di ciptakan oleh Tunas Muda karya yudha bakti alumni universitas pamulang tersebut, banyak di gemari oleh mahasiswa sastra universitas pamulang, lagu itu bermaknakan perjuangan seorang ayah yang sudah saat nya di gantikan oleh anaknya, lagu itu di khususkan untuk ayah, lagu yang penuh dengan makna dan arti atas kerja keras seorang ayah yang sudah tidak layak lagi untuk bekerja di usianya yang sudah menua itu, banyak di gemari dan di dengar oleh anak anak sastra universitas pamulang. ada sisi emosional tersendiri saat saya menulis lagu ini yang semoga juga tdi rasa dalam nada teman-teman teman. tulis yudha bakti

Sastra populer menjadi bagian penting bagi mahasiswa sastra, sastra populer tidak hanya merupakan cerminan dari kehidupan dan perasaan manusia, tetapi juga menjadi medium yang memperkaya jiwa dan memperdalam pemahaman kita tentang kemanusiaan. Melalui kekuatan kata-kata, sastra mengajak kita untuk merenungi, merasakan, dan berempati, sehingga kita dapat melihat dunia dengan mata hati yang lebih terbuka dan penuh kasih. Sastra menghubungkan kita dengan nilai-nilai universal yang melampaui batas waktu dan tempat, menjadikan kemanusiaan sebagai inti dari setiap cerita yang diceritakan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline