Lihat ke Halaman Asli

Teknik Mengajar Matematika

Diperbarui: 26 Juni 2015   07:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Terkadang banyak orang menganggap mengajar itu sangat mudah. Mereka mengganggap bawa mengajar itu hanya menyampaikan apa yang pernah diperoleh dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa. Padahal itu tidak semudah apa yang dibayangkan karena mengajar itu merupakan seni yang membutuhkan teknik yang tepat agar ilmu dapat tertransfer secra baik. Apalagi dengan pelajaran matematika, membutuhkan teknik yang tepat karena banyak siswa yang menganggap sebagai pelajaran yang tidak menyenangkan. Banyak siswa menganggap matematika itu sangat membosankan sehingga dibutuhkan daya tarik tersendiri melalui cara mengajar pelajaran tersebut.

Banyak sekali guru matematika yang menggunakan waktu pelajaran 45 menit dengan kegiatan: 30 menit untuk membahas tugas-tugas yang lalu, 10 menit untuk memberi pelajaran yang baru, dan 5 menit untuk memberi tugas kepada muridi-murid. Kegiatan ini dilakukan terus menerus yang dapat dikategorikan sebagai 3M:

Membosankan

Membahayakan

Merusak Minat Siwa.

Memang penting membahas tugas-tugas yang lalu, namun apabila dibahas saat pembukaan pelajaran maka akan membuat siswa merasa kurang selera dalam mengikuti pelajaran tersebut. Sebaiknya guru memulai pelajaran dengan melakukan suatu permainan yang mampu memecahkan kebekuan. Menit-menit pertama pada saaa pengajaran merupakan suatu penentu apakah kelas tersebut bisa berjalan secara efektif dan mampu menarik perhatian siswa untuk mengikuti pelajaran matematika sebagaimana semestinya.

Mulai suatu pengajaran dengan memberikan suatu pertanyaan tantangan. Pertanyaan yang mampu memancing siswa untuk aktif mengikuti pelajaran matematika denagan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk menduga, mandiskusikan maupun berdebat untuk memperoleh jawaban pertanyaan yang diberikan. Kemudian denagan dituntun oleh guru, metodeyang tepat dibahas untuk menjawab pertanyaan tersebut. Namun yang harus diketahui bahwa pertanyaan tersebut harus sesuai materi dan kurikulum yang akan diikuti siswa tersebut.

Ambil contoh, siswa SLTP yang sedang belajar satuan desimal, maka guru sebaiknya memberikan pertanyaan sebagai berikut:

Saya ingin membilang samapai satu juta.

1, 2, 3, 4, 5,....

Kira-kira, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membilangnya???

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline