Lihat ke Halaman Asli

Rahmad Agus Koto

TERVERIFIKASI

Generalist

Masker Bioselulosa di Luar Negeri Sedang Booming, di Negara Kita?

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1432757405914325561

[caption id="attachment_368114" align="aligncenter" width="541" caption="Masker Bioselulosa"][/caption]

Sekitar dua dekade yang lalu, saat baru masuk kuliah di Biologi Universitas Sumatera Utara, wajahku masih dihinggapi oleh jerawat yang menyebalkan. Selain menggunakan sabun wajah anti jerawat, saya juga sempat mencoba menggunakan masker tradisional berupa bedak dingin yang dicampur dengan air.

Samasekali tak terpikirkan waktu itu, jika akhirnya sekarang (setelah melalui petualangan bisnis yang cukup panjang, mulai dari budidaya jamur tiram, produksi nata de coco, hingga pengolahan limbah industri), saya terlibat langsung dalam penelitian yang didanai oleh produsen kosmetik dari Malaysia untuk memproduksi masker kosmetik yang secara kualitas jauh lebih baik daripada masker tradisional itu.

Yep, Masker Bioselulosa!

[caption id="attachment_368115" align="aligncenter" width="545" caption="Penelitian Masker Bioselulosa yang sedang kukerjakan bersama dua anggota timku"]

1432757516928731509

[/caption]

Saat ini, produk kosmetik untuk wajah ini sedang booming di luar negeri, di negara-negara maju diantaranya Prancis, Amerika, Tiongkok, Jepang dan Korea. Produk yang menjadi salah satu andalan produsen-produsen kosmetik kelas dunia seperti L’oreal, DHC, Lancome, Bel Mondo, dan Ludeya. Akhir 2013 yang lalu, saking seriusnya L’oreal (produsen kosmetik terbesar di dunia) bahkan berani mengakuisisi Magic Holding, Ltd. senilai 840 juta USD, perusahaan dari Tiongkok yang sebelumnya dikenal dengan produk-produk masker wajahnya.

Harganya yang relatif masih mahal, antara 50 ribu hingga 100 ribu rupiah per lembarnya (sekali pakai) membuat produk ini secara umum hanya digunakan oleh kalangan ekonomi menengah ke atas.

Saya sudah mencoba menelusuri apakah produsen-produsen kosmetik yang berasal dari negara kita sudah memproduksinya, namun hingga kini saya tidak menemukannya. Sepertinya mereka belum menyadari akan potensi bisnisnya yang sangat besar.

Apa yang membuat Masker Bioselulosa ini begitu istimewa dibandingkan masker tradisional, masker berbahan kertas dan gel?

Berdasarkan hasil dari berbagai penelitian terkait, berikut ini beberapa keistimewaannya:


  1. Praktis, mudah digunakan.
  2. Teksturnya yang lentur dan lembut membuat masker ini melekat dengan baik pada wajah dan merata.
  3. Zat aktif kosmetik (untuk membersihkan, melembabkan, memperhalus, memutihkan dan mencerahkan) yang diinjeksikan ke dalam masker ini bertahan relatif lama, tidak gampang menguap dan dilepaskan secara perlahan-lahan (diserap kulit wajah).
  4. Menyesuaikan diri dengan suhu tubuh sehingga nyaman dipakai.
  5. Sesuai untuk segala jenis kulit wajah.


Masker Bioselulosa terbuat dari apa?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline