Lihat ke Halaman Asli

Rahmad Agus Koto

TERVERIFIKASI

Generalist

Cegukan Normal, Penyebab dan Tips Mengatasinya

Diperbarui: 25 Juni 2015   02:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

134385876616779419

Hello Dear Kompasianers... ^_^

Kira-kira satu jam yang lalu saya mengalami cegukan, suatu kondisi yang tidak nyaman dan terasa mengganggu, yang menginspirasi saya membuat tulisan ini. Saya sendiri memiliki satu tips untuk mengatasi cegukan normal dalam beberapa menit yang sudah saya ketahui sejak 15 tahun yang lalu, namun ada baiknya juga menceritakan apa sebenarnya yang dimaksud dengan cegukan, penyebab dan cara-cara untuk mengatasinya.

Ok, lanjuuttt....

Mekanisme Terjadinya Cegukan

Istilah medis untuk cegukan adalah singultus (inggris: hiccup, hiccough), yaitu gangguan pada sistem pernafasan, dimana terjadinya kontraksi otot-otot pernapasan (diapraghm spasms) yang menyebabkan timbulnya gerakan menarik nafas tiba-tiba diikuti dengan menutupnya epiglottis (katup saluran pernafasan) secara tidak normal (Gambar 1), sehingga menimbulkan efek suara yang khas (hik...hik...).

Cegukan dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari balita hingga lanjut usia. Cegukan normal biasanya sering dialami oleh anak-anak.

[caption id="attachment_190951" align="aligncenter" width="400" caption="Sistem Pernafasan"][/caption]

Cegukan normal terjadi 4-60 kali/menit dengan interval yang teratur, dan berlangsung selama 10-30 menit. Namun apabila cegukan tidak berhenti dalam beberapa jam hingga berhari-hari, sangat disarankan untuk konsultasi dengan dokter, karena hal tersebut merupakan gejala penyakit yang serius.

Penyebab Terjadinya Cegukan

Penyebab terjadinya cegukan normal diantaranya adalah makan yang berlebihan (terlalu kenyang), minum minuman berkarbonasi, perubahan suhu lingkungan yang mendadak dan akibat faktor emosional seperti menangis dan histeria.

Sedangkan cegukan yang tidak normal yang berlangsung lama, terjadi karena pengaruh penyakit-penyakit tertentu seperti adanya gangguan pada sistem saraf pusat dan sistem metabolisme, dan pengaruh obat-obatan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline