Lihat ke Halaman Asli

Rahmad Agus Koto

TERVERIFIKASI

Generalist

Domba Transgenik Cloning Handmade Pertama di Dunia Lahir di RRC

Diperbarui: 25 Juni 2015   03:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1341990049867528253

[caption id="attachment_187273" align="aligncenter" width="300" caption="Domba Transgenik Buatan RRC (Science Daily)"][/caption]

Baru-baru ini, 26 Maret 2012 lalu, tim lmuwan RRC dari BGI Ark Biotechnology (BAB), organisasi genomik terbesar di dunia, bersama dengan Institute of Genetics and Developmental Biology, Chinese Academy of Sciences (CAS), dan Shihezi University, Propinsi Xinjiang, berhasil membuat terobosan baru dalam teknologi kloning hewan, melalui lahirnya domba transgenik yang diberi nama Peng-Peng. Pertumbuhan dan perkembangannya normal dan sehat.

"Daging domba ini dimodifikasi secara genetis sehingga mengandung asam lemak tak jenuh yang relatif tinggi, selain itu gene ω-3PUFAs ditansfer ke genome Peng-Peng yang berasosiasi dengan asam lemak esensial sehingga dagingnya dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner, mendukung perkembangan otak, mata dan syaraf."

- Dr. Yutao Du, Direktur BAB - (Science Daily).

"Keistimewaan dari penelitian ini adalah terbuktinya efektifitas dan efisiensi metode HMC yang relatif sederhana, cepat dan berbiaya rendah, sehingga dapat meningkatkan produksi hewan transgenik secara massal. Metode ini sangat bermanfaat dalam penelitian bidang medis dan pertanian skala besar." (BGI America).

Metode HMC pertama kali dikenalkan pada tahun 2001 oleh Vajita G, Lewis IM, Hyltel P, Thouas GA, dan Trounson AO (Adil Salim dan Elsheikh, African Journal of Biotechnology Vol. 6 (16), pp. 1862-1868, 20 August 2007).

Sebelum ditemukannya metode HMC, teknik kloning yang digunakan relatif rumit, membutuhkan peralatan-peralatan yang mahal misalnya micromanipulator, dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Metode ini digunakan untuk menciptakan hewan kloning pertama (*) di dunia oleh Wilmut dan tim peneliti Skotlandia yaitu domba yang diberi nama Dolly pada tahun 1997  (How Stuff Works).

(*) Dolly bukanlah hewan kloningan pertama, namun paling populer di dunia (BBC).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline