Lihat ke Halaman Asli

Rahmad Agus Koto

TERVERIFIKASI

Generalist

Mengapa Biologi Evolusi Menimbulkan Polemik?

Diperbarui: 25 Juni 2015   03:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Transformisme adalah ide dasar atau cikal bakal munculnya teori Biologi Evolusi, merupakan konsep kuno yang telah ada semenjak 400 tahun sebelum masehi. Pada saat itu pembahasan mengenai biodiversitas (keanekargaman hayati) dan asal usul mahluk hidup menjadi topik hangat di antara kalangan pemikir yunani kuno di masa itu (Standford).

Pada masa itu pendekatan yang banyak dilakukan untuk memahami kedua hal tersebut adalah pendekatan filsafat dan mistisme, hingga masa Charles Robert Darwin (1809–1882) yang mencoba menjelaskannya melalui pendekatan ilmiah.

Polemik mengenai Biologi Evolusi muncul semenjak Darwin mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bukunya "On The Origin of Species." Dalam buku tersebut Darwin menyimpulkan bahwa seluruh mahluk hidup berasal dari leluhur yang sama (Unity of Descent) dan Seleksi Alam (Natural Selection) adalah mekanisme yang menyebabkan terjadinya biodiversitas.

Buku ini merupakan buku yang bersifat revolusioner karena buku ini adalah buku yang pertama  menjelaskan biodiversitas secara ilmiah dan menjadi dasar Biologi Evolusi Modern.

Kalangan ilmuwan pada masa itu sangat menentang ide yang dikemukakan oleh Darwin, khususnya tokoh-tokoh agama Kristen yang menganggap idenya tersebut sangat bertentangan dengan ajaran Kristen.

Polemik tersebut makin lama makin ruwet karena masyarakat umum menganggap ide Darwin sebagai pembenaran terhadap ateisme dan rasialisme. Kalangan penolak menganggap bahwa hasil pemikiran Darwin yaitu Seleksi Alam yang telah menginspirasi Hitler dan tokoh-tokoh rasialis lainnya dalam melakukan aksi-aksi rasialisnya.

Seleksi Alam seringkali disalahpahami oleh masyarakat umum, yang mengartikannya sebagai siapa kuat dia menang, hanya yang kuatlah yang bisa bertahan hidup, ras lemah akan lenyap dan sejenisnya. Padahal pengertian Seleksi Alam tidaklah sesederhana itu.

Ilmu Biologi Evolusi sama saja dengan ilmu lain, sejenis alat, bisa digunakan untuk kesejahteraan manusia dan bisa juga digunakan untuk keburukan.

Harun Yahya adalah salah satu tokoh Islam yang sangat menentang teori Biologi Evolusi. Dalam bukunya "Keruntuhan Teori Evolusi" Harun Yahya menyatakan bahwa Darwin adalah naturalis amatir dan menyatakan bahwa ide Darwin adalah hayalan dan tidak  ilmiah (Harun Yahya).

Penulis telah membaca keseluruhan isi buku tersebut, dan menyimpulkan bahwa buku Harun Yahya tersebut tidak objektif dalam menilai teori Biologi Evolusi Darwin. Dan hal yang membuat buku Harun Yahya ini runtuh dengan sendirinya adalah kutipan berikut dari Bab Kesimpulan:


Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline