Lihat ke Halaman Asli

Lohmenz Neinjelen

Bola Itu Bundar, Bukan Peang

Apa Kata Mick Jagger?

Diperbarui: 18 September 2015   10:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1404871034659370331

Babak semifinal Piala Dunia 2014 antara tuan rumah Brasil dan Jerman berakhir dengan skor yang sulit dipercaya, yaitu 1-7.

Babak pertama saja Jerman sudah unggul 5-0, dan pertandingan sudah bisa dianggap selesai. Seingat saya belum ada tim yang sudah tertinggal 5 gol mampu memenangkan pertandingan sepanjang sejarah Piala Dunia.

Jerman memang tim yang memiliki peluang terbesar untuk menjadi juara dunia dibanding 3 kandidat semifinalis lainnya, tapi kemenangan telak 7-1 atas tuan rumah Brasil di luar dugaan siapapun, termasuk pemain Jerman sendiri.

"Ini (kemenangan 7-1) sangat tidak bisa diprediksi. Jujur saya tidak tahu harus berkata apa. Saya masih tidak bisa percaya tentang hal ini. Ini sesuatu yang benar-benar gila," kata Mueller DI SINI.

Dari pertandingan antara Brasil dan Jerman dengan skor akhir yang cukup fantastis dapat diambil kesimpulan seperti ini:

  • Bola itu bundar, bukan peang

Frasa ini masih berlaku, dan tetap berlaku sepanjang masa, dengan catatan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) tidak mengubah peraturan, antara lain bola yang digunakan dalam sebuah pertandingan berubah bentuk menjadi kotak-kotak, elips, peang dan seterusnya.

  • Tidak Ada yang Tidak Mungkin

Dalam pembahasan trik dan problem catur yang sederhana sering kali saya katakan frasa ini untuk mendeskripsikan sebuah usaha, kerja keras dan akal sehat bisa mengatasi sebuah masalah atau persoalan yang sulit dan rumit sekalipun.

Jerman sudah membuktikan hal itu dengan kemenangan telak 7-1 atas Brasil yang bukan tim ecek-ecek, tapi salah satu negara sepakbola papan atas dunia. Skor akhir inipun menunjukkan tidak ada yang tahu persis kejadian yang berlangsung di masa depan, atau sebuah prediksi pertandingan sepakbola tidak selalu tepat.

  • Jangan Percaya Dukun

Diberitakan seorang dukun, atau sejenis itu yang bernama Sillman lewat ilmu voodoonya akan membuat tim panser Jerman tidak berdaya dan Brasil akan memenangkan pertandingan. “Saya akan mengambil pemain top mereka dan mengikat kakinya, sehingga mereka tidak bisa berjalan di lapangan,” kata dukun Sillman.

Apa yang terjadi kemudian sudah kita ketahui bersama, bahwa panser, tank dan sejenisnya tidak bisa disantet.

  • It's Only Rock n Roll

Kemenangan telak Jerman atas tuan rumah Brasil tidak perlu diherankan terus menerus. Suatu saat nanti Brasil atau tim lainnya mungkin saja akan melakukan hal yang sama terhadap Jerman.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline