Lihat ke Halaman Asli

Kuy Dikit-dikit! Curhatin Nih Cara Kita Lawan Overthinking ala Santai

Diperbarui: 20 Agustus 2023   07:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tribunnews.com

Halo sobat pembaca yang lagi pada asyik baca artikel ini! Nah, kali ini kita mau bahas sesuatu yang mungkin udah sering banget menghantui kita sehari-hari: overthinking. Iya, siapa sih yang nggak pernah kepikiran terus menerus tentang suatu hal? Pasti semua pernah dong. Nah, daripada diem-diem kepikiran sendiri, yuk kita bahas cara-cara untuk melawan overthinking dengan gaya santai. Siap? Kuy dikit-dikit!

1. Sadarin Kalau Kita Overthinking

Pertama-tama, kita harus sadar kalau kita lagi overthinking. Jadi, kalau tiba-tiba kepikiran tentang suatu hal nggak bisa berhenti muncul dalam pikiran kita, itu tanda-tandanya. Ngaku aja deh sama diri sendiri, "Eh, kok kayaknya lagi overthinking ya?" Itu langkah pertama, bro!

2. Cari Alergi Kita terhadap Overthinking

Nah, kalau udah tahu kalau kita lagi overthinking, kita bisa coba cari tahu apa sih yang bikin kita jadi overthinking. Misalnya, kita suka banget mikirin apa yang orang lain pikirkan tentang kita, atau mungkin suka merasa nggak percaya diri kalau nggak mikirin berulang-ulang. Nah, ini kayak alergi deh, kita harus coba hindari dan atasin.

3. Bikin "Waktunya Mikir"

Ini trik yang lumayan keren. Kita bikin jadwal khusus buat mikirin semua hal yang kita overthinking-kan. Misalnya, dari jam 5 sore sampe 5.30 sore, kita boleh mikirin semua yang mau kita pikirin. Selebihnya? Nggak boleh mikirin itu deh. Ini bisa bantu ngurangin intensitas overthinking kita.

4. Nikmatin Setiap Saat

Gak usah terlalu fokus sama masa depan atau masa lalu. Kita bisa lebih nikmatin setiap momen yang lagi kita jalani sekarang. Kalau lagi makan, nikmatin rasanya. Kalau lagi jalan, nikmatin pemandangannya. Kalau kita lebih fokus sama saat ini, kita nggak akan terlalu sibuk mikirin hal-hal yang belum pasti.

5. Bercanda Sama Diri Sendiri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline