Lihat ke Halaman Asli

Aji Prakoso

Mahasantui

Apakah Guru Tak Pernah Salah?

Diperbarui: 15 April 2020   18:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum, kali ini kita membahas lagi tema tentang guru. Tanpa basa basi lagi mari kita tengok.

Pada permasalahan kali ini kita akan mengupas tentang apakah guru tak pernah salah? Banyak dari kita beranggapan bahwa guru menang sendiri, dan apabila pendapat dia salah, mau tidak mau kita harus menganggap itu benar. Benarkah demikian? Kalau memang iya, berarti guru itu sudah sempurna dong?

Manusia adalah makhluk hidup yang diberi akal pikiran oleh Tuhan, poin inilah yang membedakan antara manusia dan makhluk lainnya, manusia juga mempunyai insting, rasa, dll. Namun ungkapan "manusia tempat salah dan dosa" benar adanya. Manusia tak luput dari kesalahan apapun profesi nya, nelayan, polisi, menteri, bahkan pejabat daerah dalam hidupnya pasti pernah mengalami kesalahan, dan juga dosa. Kesalahan bukan menunjukkan kita ceroboh, tapi kesalahan akan membuat kita lebih baik kedepannya dengan memahami dan mencari jalan keluar pada masalah yang menimpanya dulu, begitupun dengan dosa, dengan dosa pasti seseorang akan merasa bersalah, dan pasti ada niatan untuk merubah dirinya menjadi lebih baik.

Jika seorang guru tidak ingin disalahkan menurut saya itu adalah suatu hal terkonyol, seorang guru yang baik, dia akan menasehati muridnya dan juga yang terutama dirinya sendiri. Sangat bijak seorang guru apabila pernah berkata "Jika saya salah, tolong diingatkan ya!" Ya, kata kata terebut sangat bijak apabila dilontarkan oleh seorang guru. Apa yang tidak berkata seperti itu guru tersebut tidak bijak? Semua guru bijak, dan semua guru pasti mengajarkan yang terbaik pada muridnya. 

Jadi jika anda ingin menjadi seorang pengajar perlulah anda memahami diri anda terlebih dahulu, jika anda sudah memahami diri anda sendiri, insyaallah anda akan menjadi seorang pengajar yang bijak.

Sekian artikel pendek ini, karena admin masih dalam masa pemulihan hehe.. Terimakasih

Wassalam




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline