Lihat ke Halaman Asli

Ajinatha

TERVERIFIKASI

Professional

"Pesan Damai" Kehadiran Prabowo-Sandi di Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Diperbarui: 21 Oktober 2019   08:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Balasan Prabowo-Sandiaga saat Disapa Jokowi di Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden - Tangkapan layar Kompas TV

Isyarat yang ditampilkan atas kehadiran Prabowo-Sandi, pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019-2024, kemarin 20 Oktober 2019, adalah Pilpres sudah selesai, dan tidak ada lagi rivalitas.

Selain itu, merapat ataupun tidaknya Prabowo-Sandi ke Pemerintahan, secara prinsif mereka ingin bersama-sama mendahulukan kepentingan bangsa diatas kepentingan kelompok.

Artinya, secara tidak langsung secara ksatria Prabowo-Sandi sudah tidak lagi mempersoalkan tentang kekalahan di Pilpres, yang terpenting bagi mereka bagaimana secara bersama-sama menumbuhkan kesadaran politik untuk Indonesia yang lebih baik.

Seharusnya semua pihak mengapresiasi tumbuhnya kesadaran ini dikalangan elit politik akhir-akhir ini. Apa yang mereka perlihatkan kepada masyarakat adalah sebuah teladan yang patut dicontoh.

Kalau para pemimpinnya sudah memberikan teladan yang baik, harusnya masyarakat sebagai pendukung mereka pun juga sudah bisa menanggalkan sebutan 'kampret' dan 'cebong', sudah tidak ada lagi sebutan itu, semua menyatu dalam panji Keindonesiaan.

Sebagai masyarakat kita berkewajiban untuk berbaik sangka terhadap apa yang ingin mereka lakukan bersama. Ini adalah momentum terbaik bagi Indonesia untuk bangkit, mengejar berbagai ketinggalannya dari bangsa lain.

Musuh bersama bangsa sekarang ini adalah, kejahatan korupsi, radikalisme dan kebodohan yang terus mewabah, yang sudah merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa. Sangat diperlukan mengukuhkan persatuan dan kesatuan untuk memerangi ketiga hal tersebut.

Pada akhirnya kita tidak lagi bicara siapa Pemenang, tapi bagaimana caranya Indonesia menjadi negara Pemenang, Pilpres hanyalah sarana berdemokrasi, sebagai masyarakat harusnya kita bersyukur dan mau menerima kenyataan Prabowo dan Jokowi bersatu, begitulah seharusnya pemimpin mempersatukan masyarakat yang sudah terbelah.

"Jatuh bangunnya negara ini, sangat tergantung dari bangsa ini sendiri. Makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekedar nama dan gambar seuntaian pulau di peta".~ Muhammad Hatta

Bung Hatta menuliskan kata-kata diatas, bisa jadi terinsprirasi dari situasi dan kondisi negara dan bangsa ini saat itu. Kata-kata tersebut adalah sebuah harapan dari seorang pemimpin yang memperhatikan hal-hal yang terkait dengan persatuan dan kepedulian bangsanya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline