Lihat ke Halaman Asli

Ajinatha

TERVERIFIKASI

Professional

Akhirnya Jokowi Mempertimbangkan untuk Menerbitkan Perppu

Diperbarui: 27 September 2019   04:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Kompas.com

Tidak sia-sia Mahasiswa Demo di DPR, secara positif Jokowi mengapresiasi aspirasi Mahasiswa, juga aspirasi masyarakat dan penggiat Anti Korupsi, yang secara terus menerus melakukan pressure kepada Pemerintah dan DPR.

Artinya Jokowi mendengar masukan, melihat situasi yang berkembang dalam masyarakat. Kalau awalnya Jokowi terkesan 'Koppig" atau keras kepala, tidak ingin menerbitkan Perppu, karena dipandang tidak ada urgensinya, akhirnya Jokowi melunak juga.

Pertimbangan untuk menerbitkan Perppu setelah Jokowi bertemu dengan berbagai tokoh masyarakat di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Seperti yang lansir Kompas.com, Presiden Joko Widodo akhirnya melunak soal tuntutan mahasiswa dan masyarakat untuk mencabut Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi hasil revisi.

Jokowi yang sebelumnya menolak mencabut UU KPK, kini mulai mempertimbangkan untuk menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu).

"Berkaitan dengan UU KPK yang sudah disahkan oleh DPR, banyak sekali masukan yang diberikan kepada kita, utamanya masukan itu berupa perppu," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (26/9/2019).

"Tentu saja ini kami hitung, kalkulasi dan nanti setelah itu akan kami putuskan dan sampaikan kepada senior-senior yang hadir pada sore hari ini," ujar dia.

Harusnya bukan cuma Presiden Jokowi yang mendengar aspirasi mahasiswa dan masyarakat, DPR pun juga mau mendengar aspirasi mahasiswa dan masyarakat.

Tokoh-tokoh yang hadir dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka antara lain, mantan pimpinan KPK Erry Riana Hadjapamekas, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, serta pakar hukum tata negara Feri Amsari dan Bivitri Susanti.

Hadir juga tokoh lain seperti Goenawan Mohamad, Butet Kartaradjasa, Franz Magnis Suseno, Christine Hakim, Quraish Shihab, dan Azyumardi Azra.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline