Lihat ke Halaman Asli

Ajik Anjasmoro

IT Engineer

Manfaat Sistem Integrator

Diperbarui: 15 Juli 2020   13:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Penggunaan Sistem Integrator Jakarta  didalam dunia IT sebenarnya amat diperlukan oleh perusahaan. Bagaimana tidak, sistem ini sanggup mendukung mempermudah sebuah perusahaan berkomunikasi dengan karyawannya cuma lewat laptop maupun komputer kantor. Tidak cuma itu saja, dengan menggunakan sistem satu ini, maka perusahaan pun akan meraih sejumlah keuntungan dan manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Dapat tingkatkan kastemer service
  2. Menghemat operating cost
  3. Mengurangi dampak yang keluar pada sistem
  4.  Meningkatkan penjualan bagi pelaku bisnis
  5. Mengurangi pekerjaan manual untuk yang tengah menjalani bisnis
  6. Mempercepat dan juga memelihara sistem supply chain dan business operation
  7. Mencegah terjadinya kecurian knowledge yang ditunaikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab
  8. Mempercepat bergabungnya perusahaan lain dengan perusahaan Anda.

Tidak cuma manfaat yang telah dituliskan tersebut, kala perusahaan menggunakan sistem yang amat canggih ini mengimbuhkan manfaat untuk tingkatkan visibilitas sistem perusahaan:

  1. Database tambah tertara dengan rapi. Menggunakan sistem ini akan tambah memudahkan Anda didalam me-generate reporting sekaligus mempercepat melacak knowledge ataupun history. Dengan begini, pasti saja database Anda tidak akan acak kadul di didalam laptop.
  2. Tidak kewalahan melacak data. Karena knowledge telah tersusun dengan rapi, maka tidak akan menyebabkan Anda kewalahan disaat menghendaki melacak knowledge yang diperlukan di beberapa sistem yang berbeda. Di samping itu, pemakaian sistem ini terhitung sanggup meminimalisir terjadinya kesalahan maupun keterlambatan yang barangkali saja terjadi disaat Anda melacak knowledge tersebut.
  3. Semakin memudahkan karyawan. Dengan ada sistem yang terintegrasi ini, akan tambah memudahkan karyawan berinteraksi dengan pihak lainnya, terlebih dengan atasan. Tidak lumayan sampai disitu, sistem ini terhitung menyebabkan karyawan tambah menyadari akan dunia teknologi.
  4. Tingkatkan kekuatan didalam berkompetisi. Salah satu manfaat yang paling sanggup dirasakan dengan Mengenakan sistem ini adalah sanggup tingkatkan kekuatan beradu dengan yang lainnya. Dan yang paling menarik sistem ini tambah memudahkan teknologi informasi didalam beradaptasi dengan pergantian bisnis.

Komputer dan internet menjadi pendukung bisnis yang amat penting. Namun, sebenarnya tidak cuma ke-2 teknologi itu saja yang diperlukan oleh perusahaan, terlebih untuk perusahaan yang berskala lumayan besar. Teknologi lain yang dimaksud yaitu, sebuah sistem integrasi IT yang kala ini terasa banyak digunakan di beragam perusahaan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, telah tersedia beberapa perusahaan yang bergera dibidang penyedia system integrator Indonesia.

Anda sanggup membeli sistem yang telah jadi, ataupun sistem custom. Jika Anda bingung mana yang lebih sesuai, tersebut ini adalah perbedaannya:

    Sistem jadi

Untuk perusahaan yang tetap didalam bagian berkembang, biasanya akan membeli sistem yang telah tersedia sebab condong lebih murah. Namun, pasti saja itu berarti perusahaanlah yang perlu sesuaikan sistem kerjanya dengan sistem yang dibelinya.

    Sistem custom

Sistem ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang telah maju dan berskala besar. Perusahaan akan membeli sebuah sistem baru dan berharap penyedia jasa untuk mempersiapkan yang cocok dengan perusahaan. Sistem layaknya ini harganya condong mahal dan untuk sistem pembuatannya terhitung lumayan lama. Sebab sistem yang diimplementasikan perlu amat telah bebas dari ada eror.

Sistem manapun yang Anda pilih, perlu amat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kesalahan didalam pemilihan sistem akan menyebabkan kesibukan perusahaan menjadi berantakan atau menyebabkan sistem yang telah dibeli menjadi sia-sia. Sebab, sistem amat mendukung kesuksesan bisnis.

Mungkin beberapa dari Anda tetap mempertanyakan sepenting apa sistem untuk perusahaan. Hal ini tentunya berkaitan dengan manfaat dari sistem integrasi itu sendiri, yaitu:

  •     Meminimalisir kesalahan akibat human error
  •     hindari duplikasi data
  •     Memudahkan kontrol data
  •     Meningkatkan efektifitas komunikasi
  •     Menciptakan konsistensi
  •     Meminimalis cost
  •     Mempercepat sistem kerja
  •     Mengurangi risiko kehilangan data
  •     Mengurangi pemakaian dokumen fisik (kertas)

Jelas kan, sistem integrasi IT ini amat mendukung perusahaan? Meskipun begitu, perusahaan terhitung tidak boleh asal didalam pilih perusahaan penyedia fasilitas sistem ini. Sebab, sehabis seluruh sistem terintegrasi, maka satu perangkat dengan perangkat yang lain akan saling terhubung. Sehingga amat mutlak bagi perusahaan untuk pilih perusahaan sistem integrator paling baik yang telah mempunyai pengalaman didalam mengamankan sistem milik kliennya dari barangkali pencurian data. Selain itu, perusahaan terhitung perlu melengkapinya komputernya dengan antivirus yang update. Ini merupakan salah satu cara supaya komputer tidak dihack supaya jaringan selalu safe dan tidak dimasuki oleh penyusup atau hacker. Dengan begitu, knowledge akan selalu aman.

Sumber :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline