Lihat ke Halaman Asli

ajie saputro

teacher/smk manahijul huda

Mengerjakan Best Practices dengan Metode Star

Diperbarui: 3 November 2023   09:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gurusiana

salam sejahtera salam sehat selalu 

Salam sukses selalu bapak ibu guru yang saat ini sedang melakasanakan PPPG dalam jabata. kali ini penulis ingin memberikan pengalaman dalam melaksanakan dan mengerjakan rangkaian tugas selama mengikuti perkuliahan PPG DALJAB unutuk memenuhi LMS SMI-PKB bapak ibu guru sekalian.

Tugas yang berada pada LMS merupakan serangkatn tugas yang saling berkaitan antara satu dengan yang lain sehingga tugas bapk ibu guru sampai ada yang tertinggal dan tidak mengerjakan tugas sesuai dengan perintah pada LMS. jika sekali saja ada tugas yang terlewatkan makan maka tidak dapat mengerjakan tugas selanjutnya.

Kali ini penulis akan memberikan sedikit penjelasan tentang mengerjakan tugas LK 3,1 tentang penyususnan best practice dengan menggunakan metode star terkait pengalaman mengatasi peramasalahan siswa dalam pembelajaran yang saya angkat adalah motivasi belajar siswa yang masih cenderung rendah. pada LK 3.1 data apa saja yang terdapat pada LK 3.1 yang perlu dan harus di isi silahkan kalian perhatikan penjelasannya dibawah ini:

  • Pilihlah salah satu pembelajaran inovatif yang Anda lakukan selama PPL PPG Daljab yang menurut Anda paling berhasil dalam aspek peningkatan proses dan hasil belajar siswa/i.
  • Deskripsikan pembelajaran tersebut dalam bentuk esai dengan salah satu rujukan menggunakan kerangka STAR (situasi-tantangan-aksi-refleksi) yang sesuai dengan kondisi riil di kelas. Sertakan argumentasi Anda bahwa pembelajaran yang dipilih merupakan best practice.
  • Format penulisan esai menggunakan font Times New Roman ukuran 12 dengan spasi 1.
  • Struktur penulisan esai terdiri dari:

Judul

Pendahuluan (berisi analisis situasi)

Pembahasan (berisi tentang implikasi dari situasi yang dianalisis di pendahuluan yang meliputi tantangan, tindakan yang dilakukan dan refleksi)

Kesimpulan ( berisi tentang rencana tindak lanjut

Daftar Pustaka

Situasi yang berisikan untuk Mendeskripsikan: (1) hal hal yang benar benar terjadi selama proses pembelajaran( misalnya tentang keaktifan siswa dalam belajar, capaian kompetensi oleh siswa, kegiatan yang dilakukan guru, kendala, penghambat dan pendukung),(2) membandingkan dengan apa yang direncanakan dalam RPP, (3) menyimpulkan apa yang telah berhasil dan dengan yang belum berhasil.

Tantangan yang berisikan apa saja yang menjadi tantangan yang dihadapi ruru dalam situasi yang telah dianalisis

Aksi yang berisikan langkah - langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tandangan terserbut, strategi apa yang digunakan, bagaimana prosesnya, apa saja sumber daya/materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut

Refleksi yang berikan hasil dari refleksi bagaimana dampak dari aksi terhadap langkah-langkah yang dilakukan, apakah hasilnya efektif/tidak, mengapa dan bagaimana respon siswa terkait strategi yang dilakukan, apa yang menjadi faktor keberhasilan/ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan.

eko puspito aji 

link download semoga bermanfaat dan membantu terimakasih

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline