Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UNNES Gelar Latihan Tari Kreasi Candik Ayu

Diperbarui: 11 Agustus 2024   18:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Brebes – Mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Semrang membuka latihan tari kreasi dalam rangka mengangkat budaya tradisional dan sebagai salah satu program kerja. Mahasiwa jurusan Pendidikan Seni Tari UNNES Najwa Karunia Bahar (21) yang memiliki latar belakang dari sanggar seni tari Kalyana Kabupaten Brebes membuka dan melatih secara langsung kegiatan tersebut. Peserta didik dari program latihan tersebut ditujukan untuk anak anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

Program latihan seni tari candik ayu bertempat di posko KKN UNNES lebih tepatnya berada di wilayah RW 15  Desa Kluwut. Latihan tersebut setiap hari rabu dan hari jum’at pukul 15.30 WIB sejak Rabu (10/7/2024), berlangsung dari bulan juli-agustus. Program tersebut juga mendapat respon positif dari masyarakat setempat, karena dengan kegiatan tersebut sebagai salah satu dasar adanya bibit seni tari di Kabupaten Brebes khususnya di desa Kluwut.

Dokpri

Melansir dari Blogger.com, Senin (1/7/2024) Candik Ayu merupakan tarian yang diciptakan oleh Drs Untung Muljono M.HUM dari sanggar tari Kembang Sore, tari ini berasal dari Kota Surakarta. Najwa mengambil tari Kreasi Candik Ayu karena terinspirasi anak anak di wilayah tersebut senang bermain permainan tradisional dengan gembira. Oleh sebab itu dia mengambil tari kreasi Candik Ayu.

“Melihat anak anak di sini yang suka bermain dan juga ceria, dari itu saya menggunkan tari candik ayu karena memiliki arti sekelompok anak anak yang masih polos yang sedang bergembira, bermain dan bercanda Bersama”. Ujarnya, Kamis (4/7/2024).

Dokpri

Hasil latihan tari kreasi candik ayu akan di tampilkan pada acara pentas seni perayaan HUT RI 79 di Desa Kluwut pada Sabtu malam (17/8/2024). Penampilan tersebut melibatkan 7 anak dari RW 15.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline