Lihat ke Halaman Asli

Telaga Menjer: Telaga yang Disebut-Sebut Mirip dengan Film "My Heart"

Diperbarui: 16 Juni 2023   23:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Telaga Menjer adalah salah satu danau alami yang berada di kaki gunung Pakuwaja yang terjadi akibat letusan vulkanik di kawasan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia. Danau ini merupakan objek wisata populer di kawasan Dieng dan sering dikunjungi oleh wisatawan. Telaga Menjer memiliki daya tarik utama yaitu airnya yang berwarna hijau kebiruan yang indah. Warna air danau ini disebabkan oleh kandungan mineral yang tinggi, terutama belerang. Danau ini dikelilingi oleh lanskap pegunungan yang menawan, dengan pemandangan perbukitan hijau di sekitarnya. Telaga menjer ini juga menjadi salah satu pemasok air untuk PLTA Garung.

Telaga menjer ini merupakan sebuah danau terluas yang berada di kaki pegunungan Dieng. Kedalaman Telaga Menjer ini mencapai 45 meter. Terletak di ketinggian 1.300 mdpl yang membuat udara di sini sejuk cenderung dingin.

Untuk kita ketahui Telaga Menjer ini sudah ada jauh sebelum jaman kemerdekaan, Telaga Menjer sudah ada dan dibangun pada jaman penjajahan Belanda. Walau sudah nerusia, bendungan ini masih berdiri kokoh dan masih dapat berfungsi sampai sekarang.

Telaga Menjer cocok di datangi saat siang hari sampai sore, wisatawan yang mengunjungi Telaga Menjer dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dan udara segar. Terdapat juga fasilitas seperti dermaga, kamar mandi umum, area bermain, dan warung makanan di sekitar danau. Wisatawan juga dapat menyewa perahu untuk berkeliling danau atau hanya duduk-duduk menikmati keindahan alam sekitar. Disana juga kita dapat menyewa kursi travel, jika kita ingin bersantai dan membuat video trend zaman sekarang.

Ada sejumlah aktivitas wisata yang dapat dilakukan di Telaga Menjer. Terdapat floating garden yang dapat dimanfaatkan untuk selfie di tengah telaga dengan pemandangan telaga dan bentang Gunung Sindoro yang mempesona. Bagi yang senang memancing, Telaga Menjer memiliki variasi jenis ikan. Menikmati telaga akan semakin menarik menggunakan perahu. Tersedia perahu sewa yang dapat digunakan pengunjung dengan tarif Rp 15.000 per orang.

Buat rencana liburan anda ke Telaga Menjer dengan memperhatikan waktu kunjungan dengan baik, jam operasional wisata Telaga Menjer adalah pukul 08.00 -- 16.00 WIB di setiap harinya. Anda bisa rekreasi kesini kapan saja sesuka hati sesuai keinginan asalkan berkunjung pada saat hari cerah, tidak mendung apalagi hujan.

Jika telah sampai di Pasar Garung yang berjarak sekitar 8 km dari Alun -- Alun Wonosobo terdapat simpang tiga di kiri jalan. Selanjutnya ambil kiri dan ikuti jalan tersebut hingga ke Telaga Menjer. Kondisi jalan dari Pasar Garung hingga ke Telaga Menjer cenderung naik dan berkelok kelok. Sebaiknya jika ingin kesana harus sangat berhati -- hati dalam berkendara.

Untuk memasuki Telaga Menjer, wisatawan akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000,-/orang. Kemudian akan dikenai lagi biaya parkir sebesar Rp 3.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk mobil. Kita juga dianjurkan oleh bapak parkir untuk menitipkan helm ke penitipan, karena meminimalisir terjadinya kehilangan helm.

Selain itu, terdapat juga legenda yang terkait dengan Telaga Menjer. Konon, danau ini dianggap sebagai tempat pemandian para dewa dan dipercaya memiliki kekuatan mistis, beberapa ritual dan upacara adat juga sering dilakukan oleh masyarakat setempat di sekitar danau ini.

Telaga ini terbentuk di kaki Gunung Pakuwaja akibat letusan vulkanik. Dulu, air di telaga ini hanya berasal dari sejumlah mata air kecil di sekitar telaga dan dari curah hujan yang cukup tinggi di telaga ini Telaga menjer ini terletak di desa Maron, namun sebenarnya telaga ini dahulu terletak di desa Menjer maka dari itu mengapa telaga ini dinamakan telaga Menjer.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline