Lihat ke Halaman Asli

reportase air minum

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

1.Dalam sebuah iklan air minum AQUA, biasanya kita dijejali suatu doktrin yang mengharuskan minum air putih 7 gelas besar selama sehari. Asumsi kita, jika kita tidak minum 7 gelas air putih kita akan terkena penyakit seperti dehidrasi, gagal ginjal, dan bla bla bla. Tp apakah benar jika kita minum 7 gelas sehari dapat menyebabkan penyakit itu timbul? Bahkan ada sebuah penelitian, bahwa mengkonsumsi air putih secara berlebihan dapat merusak kinerja ginjal. Dilihat dari aktifitas, cuaca sekitar, dan umur si pengkonsumsi. Kualitas airnya pun jg patut kita pertanyakan. Didalam iklan tersebut, air minum yang terkandung berasal dari pegunungan yg asri, hijau, dan lain2. Setiap tetesnya mengandung kehidupan. Airnya berasal dari manapun dalam konteks belum terkontaminasi dan prosesnya aman, hasilnya jg akan sama. Karena pihak aqua sendiri mengklaim bahwa sumber dari puncak itu yg terbaik, ya sah2 saja. Tetapi kita juga tidak tau, apa memang berasal dari puncak gunung atau tidak. Namanya jg cari untung. Maka, bisa kita simpulkan bahwa perusahaan air minum pun, jg melakukan kebohongan publik yang seharusnya Etika Parawira Indonesia (EPI) mencekal setiap pemutaran iklan ini. Didalam undang2 periklanan, bahwa setiap hal yang mengandung kebohongan, dan ini dipublikasikan maka iklan tersebut dinyatakan tidak lulus sensor. Tetapi yang menjadi pertanyaan, mengapa iklan aqua ini masih dipublikasikan. Dan mengapa masyarakat kita yang cenderung konsumitisme masih cenderung menelan mentah2 doktrinasi tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline