Lihat ke Halaman Asli

Aji Prasanto

Bujangan

[Coretan Ramadan 18] Antara Ada dan Tiada (Metafisika)

Diperbarui: 10 April 2023   00:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi cahaya Ramadhan, (pexels.com/ Oleksandr Pidvalnyi)

Dari tulisan ke-13 yang berjudul Tentang Nafsu, disebutkan terdapat berbagai jenis nafsu dan juga golongannya. Sehingga dalam hal ini, tak mengejutkan bilamana sebagai manusia ingin mengetahui, melihat, merasakan, bahkan sampai berjumpa dengan Sang Pencipta.

Keingintahuan tentang "Ada" atau "Tidaknya" Tuhan menjadi daya tarik tersendiri dari pribadi seseorang dalam menganut suatu ajaran agama. Seperti disebutkan bilamana dengan mengetahui atau benar-benar merasakan dalam diri seseorang (pengalaman spiritual) akan adanya Tuhan, maka dikatakan akan lebih mengetahui makna ajaran agama yang sebenarnya, semakin mengimani serta menyerahkan diri kepadaNya.

Hal-hal yang tak umum atau tidak terjangkau dalam pikiran (akal manusia) ini, disebut juga dengan istilah mistik (metafisika). Kata mistik, berasal dari bahasa Yunani mystikos yang artinya rahasia (geheim), serba rahasia (geheimzinning), tersembunyi (verborgen), gelap (donker), atau terselubung dalam kekelaman (in het duister gehuld) (an-nur.ac.id).

Sebagaimana hal tersebut, dijelaskan dalam Achiriah & Laila Rohani, (2018) istilah Mistik merupakan sub sistem yang ada dalam hampir semua agama dan sistem religi untuk memenuhi hasrat manusia mengalami dan merasakan emosi bersatu dengan Tuhan.

Pengertian mistik dijelaskan dalam an-nur.ac.id bila dikaitkan dengan agama merupakan pengetahuan (ajaran atau keyakinan) tentang Tuhan yang diperoleh dengan cara meditasi atau latihan spiritual, bebas dari ketergantungan pada indera dan rasio. Dengan kata lain, mistik merupakan pengetahuan yang tidak dapat dipahami rasio, mistik dapat dijelaskan dengan bukti empiris namun, kebanyakan tidak dapat dibuktikan secara empiris.

Dalam Islam, ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk agamanya secara mendalam disebut Ilmu Kalam. Dengan mempelajari ilmu kalam, akan memberikan seseorang keyakinan-keyakinan yang berlandaskan pada landasan yang kuat, sehingga tidak mudah terpengaruh, atau terjerumus, atau terombang-ambing dalam arus perkembangan zaman yang senantiasa berubah (Zulkarnain, I., 2016).

***

Jika kita berbicara tentang hal yang mistis, gaib, atau hal yang diluar nalar kita sebagai manusia tentunya kita akan mengarah pada suatu kekuatan-kekuatan gaib yang ada. Yang sangat disayangkan, di masyarakat kita hal gaib ini lebih mengarah pada ilmu-ilmu seperti halnya tentang sihir, ilmu-ilmu kebal, dan sebagainya yang pastinya ilmu tersebut mengantarkan pada lubang kesesatan.

Jika kita melihat kembali tulisan sebelumnya yang berjudul Kecerdasan Intelektual dalam Islam. Nabi Muhammad SAW sangat tidak menganjurkan untuk mempercayai atau meyakini akan hal-hal atau tradisi yang berkaitan dengan hal-hal tersebut (tentang sihir, ilmu-ilmu kebal, dan sebagainya). Namun menganjurkan untuk melihat ke Esaan Tuhan, dalam hal kekayaan alam atau semua keselarasan dalam ciptaannya.

Jika dilihat dalam britannica.com diskusi tentang masalah mistik atau metafisika didasari dengan 'ada atau tidak' serta tentang kuasa Tuhan, seperti: apakah Tuhan benar-benar mengantarkan kita kepada suatu kebahagiaan atau pada kesengsaraan. Yang mana hal tersebut dilatarbelakangi dengan banyaknya konflik sosial, kekerasan, ketidakadilan, ketidakmerataan, atau penderitaan-penderitaan yang dialami manusia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline