Lihat ke Halaman Asli

Aji Setiawan

Mahasiswa

KKN UMBY Kelompok 30 Mengadakan Pelatihan Motorik pada Anak-anak, Dusun Kalangbangi Wetan

Diperbarui: 12 Agustus 2023   12:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

IG : @kkn30_ngeposari

Mahasiswa KKN PPM kelompok 30 Universitas Mercu Buana Yogyakarta ( UMBY) menjalankan program kerja pada bidang pendidikan yaitu pelatihan motorik pada anak khususnya pada anak Sekolah Dasar di Padukuhan Kalangbangi Wetan, Ngeposari, semanu, Gunung Kidul pada Jumat 04 Agustus 2023.

Program kerja ini diadakan guna meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan melibatkan otot-otot pada bagian tubuh terutama pada jari tangan. Hal ini dilakukan karena terdapat anak-anak rentang usia Sekolah Dasar di Padukuhan Kalangbangi Wetan. Melihat situasi tersebut, mahasiswa KKN PPM UMBY mengadakan "pelatihan motorik" Untuk membantu meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Dengan antusias anak-anak dalam acara pelatihan tersebut diharapkan dapat melatih pergerakan tangan melalui kreativitas pembuatan gelang menggunakan manik-manik. Oleh karena itu anak-anak sangat senang dengan adanya pelatihan ini. Pelatihan motorik anak dengan kreativitas pembuatan gelang menggunakan manik-manik diisi oleh Delvia. 

" Kami melihat dengan banyaknya anak-anak di Padukuhan Kalangbangi Wetan ini menjadi peluang besar untuk dilakukan pelatihan motorik dengan pembuatan gelang dengan menggunakan manik-manik, karena lebih praktis. Selain itu pemberian pelatihan ini juga membuat anak-anak merasa senang dan bahagia karena disandingkan dengan bermain, sehingga kami termotivasi untuk mengadakan pelatihan motorik anak melalui kreativitas pembuatan gelang", ungkap Kimberly selaku anggota kelompok 30 KKN PPM UMBY. 

" Pemberian pelatihan dengan kreativitas pembuatan gelang menggunakan manik-manik juga dapat mendorong anak untuk berpikir kreatif dan mampu menggerakkan tangan secara aktif baik dalam menulis maupun menggambar", ujar Echa selalu anggota kelompok 30 KKN PPM UMBY. 

"Harapan kami melalui pelatihan dari mahasiswa KKN UMBY ini dapat membantu anak-anak lebih aktif dalam menggerakkan tangan dan memiliki jiwa kreativitas yang tinggi", ujar salah satu orang tua anak pelatihan motorik. 

Bu Rila, dosen Pembimbing Lapangan KKN Kelompok 30 menyampaikan bahwa program kerja ini mendapatkan apresiasi dari pihak kampus karena mampu meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan dan menambah wawasan anak. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline