Lihat ke Halaman Asli

AJENG SRI SUHARTANTI

Mahasiswa S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa KKNT/MD UM 2022 Lakukan Pendampingan Posyandu Balita Desa Padusan Rutin Setiap Bulan

Diperbarui: 13 Desember 2022   22:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Tim Kuliah Kerja Nyata Membangun Desa (KKN-T  MD) Universitas Negeri Malang 2022 lakukan pendampingan dalam kegiatan Posyandu Balita di Desa Padusan. Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan kegiatan kesehatan dasar yang dilaksanakan dari, oleh, dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan dan kader posyandu balita. Kegiatan posyandu ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap senin minggu pertama awal bulan untuk mengontrol kesehatan dasar masyarakat terutama bayi, balita, ibu hamil, ibu nifas dan ibu menyusui, dan pasangan usia subur (PUS). Pelaksanaan posyandu balita dilaksanakan di Ponkesdes (Pondok Kesehatan Desa) yang berada di balai desa Padusan.

dokpri

Tujuan dari posyandu balita yaitu untuk memantau tumbuh kembang dan gizi balita di Desa Padusan. Tujuan umum diadakannya posyandu balita yaitu untuk menunjang percepatan penurunan angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB), dan angka kematian anak balita (AKABA). Kegiatan posyandu balita dilakukan untuk melayani balita, antara lain imunisasi, pengukuran antropometri, pengisian buku KIA, serta pemberian makanan tambahan (PMT). Posyandu yang sudah ada di masyarakat saat ini sangat berperan dalam mendukung pencapaian pembangunan kesehatan ibu dan anak. Dalam kegiatan ini, tim KKN-T MD UM 2022 yang beranggotakan Ahmad Fadil Al Fatin (S1 Biologi), Redito Aulia Ahsani (S1 Biologi), Ajeng Sri Suhartanti (S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat), Fariza Eky Putri Rahmadita (S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat), Martha Vena Kusuma Wardani (S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat), Afi Rizqi Zakaria (S1 Psikologi), Amanda Widya Putri (S1 Psikologi), Firdha Rizki Nurulita (S1 Psikologi), dan Huriyah Ar-Rohmah (S1 Psikologi), dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ronal Ridhoi, S.Hum, M.A. melakukan pendampingan pada kegiatan tersebut. Pendampingan posyandu dilakukan untuk memantau perkembangan dan pelaksanaan kegiatan serta  membantu petugas kesehatan setempat untuk mengontrol kesehatan bayi dan balit

Saat melakukan pendampingan posyandu balita, petugas kesehatan maupun kader merasa sangat terbantu dan juga administrasi posyandu balita Desa Padusan menjadi tertata dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline