Lihat ke Halaman Asli

Ajeng Sakina

Madura-Sumenep (181510601090)

Upgrading UMKM Melalui Inovasi Kemasan Produk dan Pemasaran Sosial Media

Diperbarui: 1 September 2021   19:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

( Sumenep/01/09/2021) Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Universitas Jember tahun ini dilaksanakan secara online seperti tahun sebelumnya, mengingat PANDEMI Covid-19 yang tak kunjung mereda.  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk program KKN Back to Village 3 dilaksanakan dikampung halaman masing-masing secara mandiri dengan mematuhi protokol kesehatan.

Siti Aisyah Mahasiswa Sosiologi Universitas Jember melaksanakan KKN secara mandiri di Desa Tanjung, Kec. Saronggi, Kab. Sumenep dengan mengangkat tema Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak Covid-19.

 “ Pandemi Covid-19 yang semakin hari semakin meningkat dan diberlakukannya PPKM oleh pemerintah membuat beberapa pelaku UMKM kesulitan menjalankan usahanya sehingga menyebabkan kondisi ekonomi masyarakat di desa Tanjung tersebut mengalami kemerosotan” kata Siti Aisyah

Desa Tanjung merupakan salah satu sentra Produksi rumput laut yang berada di Kecamatan Saronggi. Dan Kecamatan Saronggi sendiri merupakan kawasan Minapolitan Berdasarkan KEPMENKP Nomor.35/KEPMEN-KP/2013.

“Mayoritas masyarakat di desa tersebut bekerja sebagai nelayan. Namun walaupun mayoritas pekerjaan masyarakat di desa Tanjung sebagai nelayan, tak sedikit dari beberapa masyarakat di desa tersebut khususnya para Ibu rumah tangga, memproduksi beberapa jajanan pasar berupa camilan basah dan camilan kering, seperti Camilan kering Bidaran milik ibu Thoriq, dan Camilan basah Jemblem milik Ibu Wardah. Camilan yang  mereka produksi ini dijual di pasar dan juga di pasarkan dirumahnya sendiri” sambungnya

            Berdasarkan hasil observasi yang Aisyah lakukan salah satu pelaku UMKM yang mengalami dampak Pandemi adalah Ibu Wardah, Ibu wardah merupakan pemilik usaha camilan kue basah yakni salah satunya kue Jemblem. Program Pemberdayaan  yang dilakukan Aisyah dalam kegiatan KKN tersebut  adalah melakukan Upgrading terhadap usaha milik Ibu Wardah. Aisyah melakukan Inovasi pada kemasan produk  dan ragam produk serta memberikan pelatihan terkait Pemasaran produk melalui sosial media. Hal ini mendapatkan respon yang baik dari pemilik usaha Jemblem tersebut.

Tujuan dari program pemberdayaan tersebut diharapkan dapat menstabilkan kondisi ekonomi Ibu Wardah dan juga diharapkan dengan adanya upgrading produk tersebut dapat menarik minat Konsumen dan memperluas jaringan pasar.

Penulis : Siti Aisyah (180910302052)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline