Lihat ke Halaman Asli

Ajeng Pramesti P

Mahasiswa Undip

Sampah Berceceran! Mahasiswa KKN Undip Ubah Sampah Jadi Berkah

Diperbarui: 10 Februari 2022   00:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Jombang, Tangerang Selatan (22/01/2022) -- Seiring berkembangnya pemukiman penduduk di wilayah Kelurahan Jombang, peningkatan volume sampah pun jelas tidak dapat terhindari. Kurangnya kesadaran warga yang masih banyak membuang sampah sembarangan seperti di pinggir jalan, selokan maupun sungai, selain itu juga masih banyaknya warga yang membakar sampah di halaman rumah sehingga hal ini menimbulkan pencemaran udara, air, tanah, mengurangi estetika lingkungan, dan menimbulkan bau sehingga timbul vektor penyakit yang dapat mengganggu kesehatan warga.

Seorang mahasiswa KKN Undip melakukan edukasi terkait dengan "Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Berbasis 4R" sebagai wujud nyata dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro dengan tema "Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Covid-19 Berbasis SDG's" yang bertujuan untuk mengabdi kepada masyarakat, dan membantu pembangunan desa dengan memaksimalkan potensi desa.

Dokpri

Ketatnya prosedur kegiatan pelaksanaan KKN regular sebagai akibat dari naiknya angka kasus Covid-19 di Indonesia tak terkecuali di Kelurahan Jombang, mahasiswa perlu menyesuaikan program kerja sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Edukasi pengelolaan sampah berbasis 4R dilakukan dengan mensosialisasikan secara langsung dengan media poster di rumah mahasiswa KKN dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan mematuhi peraturan yang telah ditetapkan pemerintah. Selain sosialisasi masyarakat juga ditunjukkan sampah rumah tangga yang dapat di daur ulang (Recycle).

Selain edukasi, dilakukan penempelan poster di sekitar wilayah RW 14/RT 3, Kelurahan Jombang. Salah satu tempat yang menjadi objek penempelan poster edukasi pengelolaan sampah berbasis 4R yaitu di Balai RW 14. Dalam hasil wawancara, warga RW 14/RT 3 berharap dengan adanya sosialisasi poster tersebut diharapkan para warga dapat memahami pentingnya menjaga lingkungan sekitar dengan serta memilah sampah sesuai karakteristik dan jenis sampah dan mengurangi sampah yang dihasilkan sehingga memiliki lingkungan yang bersih dari sampah berceceran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline