Lihat ke Halaman Asli

Teman Setia Mahasiswa: Makalah dan Presentasi

Diperbarui: 24 Juni 2015   04:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

138576717162235117

Mungkin memang benar adanya dari pernyataan di atas, bahwa setiap mahasiswa yang belajar di perguruan tinggi pasti akan sangat sering menemukan tugas yang diberikan oleh dosen berupa makalah. Serta dengan tugas dari makalah tersebut di imbangi dengan adanya presentasi dari makalah yang di buat tersebut. Menurut penelitian yang saya lakukan di beberapa Universitas di Yogyakarta, rata-rata memang tugas yang di berikan dosen adalah berupa makalah. Contohnya saja yang saya alami, di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta khususnya fakultas soshum hampir setiap minggu para dosen ini memberikan tugas yang berupa makalah serta tugas untuk melakukan presentasi. Namun memang tidak semua dosen memberikan tugas tersebut, ada pula dosen yang hanya memberikan kami tugas untuk menulis artikel.

Hari demi hari dilalui seorang mahasiswa hanya untuk dapat menuju tujuan akhirnya yaitu wisuda. Banyak sekali halang dan rintang di dalamnya. Contohnya saja yang baru menjadi mahasiswa baru, mungkin mereka akan sedikit merasa berbeda bahwa di saat mereka duduk di bangku perguruan tinggi itu akan sangat berbeda dengan saat mereka duduk di bangku SMA. Semua nya harus serba mandiri. Dosen tidak akan membimbing sperti layaknya guru. Mungkin memang karena dosen beranggapan bahwa kami semua yang sudah menjadi mahasiswa itu sudah dewasa. Semuanya harus di kerjakan sendiri,misalnya saja membaca buku, mencari informasi, dan lain-lain semua harus di lakukan sendiri.

Menjadi mahasiswa tidaklah sulit, jika kita supel dan mudah bergaul pasti banyak sekali kita mendapatkan teman. Dan saat di dalam ruang pengajaran bersama dosen, hendaknya mahasiswa itu bersifat aktif. Karena Dosen ini berbeda dengan guru, jika guru mungkin mereka akan sangat menghafal muridnya satu persatu. Namun beda dengan Dosen, beliau seorang Dosen akan dapat menghafal mahasiswanya yang sering bertanya atau sering menanggapi saat diberikan pengajaran serta mahasiswa yang bersifat aktif. Itu semua harus dilakukan sendiri oleh mahasiswanya tersebut. Jika tidak begitu dosen akan cenderung tidak mengenal mahasiswa yang bersifat biasa saja atau mahasiswa yang cenderung pendiam saat diberikan pengajaran.

Mungkin memang benar bahwa di bangku perkuliahan ini tugas-tugas yang di berikan akan lebih banyak ketimbang sekedar PR yang diberikan guru saat berada di bangku Sekolah. Yang lebih berbedanya lagi ketika seorang mahasiswa yang diberikan tugas itu harus berusaha mencari informasi atau mencari buku-buku referensi itu sendiri. Contohnya saja tugas makalah. Hampir sering seorang mahasiswa diberikan tugas untuk membuat sebuah makalah tentang suatu penelitian. Serta saat telah selesai membuat makalah seorang mahasiswa itu di latih untuk dapat percaya diri didepan teman-teman lainnya atau di hadapan orang lain untuk membawakan sebuah presentasi. Memang saat kita kuliah, kita akan sangat di anjurkan untuk lebih percaya diri dalam berbuat sesuatu, karena apa, saat di bangku perkuliahan kita di tuntut untuk aktif dan di tuntut untuk dapat berbicara di depan umum.

Menjadi mahasiswa bukanlah suatu profesi yang menyedihkan atau menyusahkan. Namun menjadi mahasiswa itu adalah satu batu loncatan untuk kita dapat menuju atau melihat dunia di luar sana, melihat orang-orang yang telah sukses dalam pendidikannya. Karena menjadi mahasiswa itu berarti kita dilatih untuk menjadi orang yang intelektual serta orang yang siap untuk mengahadapi masa depan yang cerah.

sumber gambar:masanwar.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline