Lihat ke Halaman Asli

Ajeng Kenari

Mahasiswa Digital Komunikasi dan Media SV IPB University

Gen-Z Kembali Memakai Ponsel Lipat, Ini Dia Alasannya!

Diperbarui: 4 Juni 2024   11:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oppo Find N2 Flip (Sumber Foto: detikinet)

Seperti yang kita ketahui, Ponsel lipat yang dahulu merajai pasar pada awal 2000an, kini mengalami kebangkitan sebagai tren di kalangan Gen-Z. Gen-Z sering kali diidentifikasi sebagai generasi digital yang mahir serta menggemari teknologi informasi, termasuk dalam penggunaan ponsel canggih karena perangkat ini mampu menyederhanakan berbagai aktivitas, mulai dari media komunikasi, pengambilan foto dan video, transaksi, dan berbelanja online.

Namun akhir-akhir ini, Ponsel lipat kembali tren di kalangan Gen-Z. Meskipun ponsel lipat sempat mengalami penurunan popularitas di masa lalu karena memajuan teknologi yang meningkat, Gen-Z kini memberikan sambutan positif terhadap ponsel lipat yang kembali hadir. Ponsel lipat kini hadir dengan berbagai inovasi yang dapat memenuhi kebutuhan GenZ, apa saja ya?

1. Gaya Unik dan Desain Praktis

Gen-Z dikenal sebagai penggemar gaya unik dan tren terkini, ponsel yang dapat dilipat memberikan kesan unik, seperti desain yang inovatif dan fungsionalitas lipat yang tidak dapat dijumpai pada ponsel biasa. Rasanya sangat praktis bukan? Jika kamu tidak membawa tas dan memiliki saku yang sempit, ponsel lipat memberikan solusi bagi kamu dengan kemampuan lipatnya yang memungkinkan perangkat menjadi lebih kecil dan mudah di saku. Dengan demikian, pengguna dapat dengan nyaman membawa ponsel lipat tanpa terbebani oleh ukuran yang besar.

Jika kamu kesulitan mencari ponsel lipat dengan desain yang tipis dan ringan, mungkin Oppo Find N2 Flip adalah jawabannya. Salah satu keunggulan dari Oppo Find N2 Flip adalah desain yang "aesthetic" dengan berat 191 gram dan ketebalan 7,45 mm ketika terbuka. Ponsel lipat ini juga tersedia dalam dua varian warna yang menarik, yaitu Astral Black dan Moonlit Purple. 

Dengan desain body alumunium, bekas sidik jari tidak akan menempel secara jelas pada ponsel. Tak hanya itu, OPPO Find N2 Flip memperkenalkan era baru dalam ketahanan engsel ponsel lipat melalui teknologi bernama New Generation Flexion Hinge yang dirancang tanpa celah untuk mencegah debu atau partikel lainnya masuk. Melalui uji ketahanan engsel ponsel ini dapat bertahan hingga 400.000 kali siklus lipatan. Tentu saja, hal ini menambah nilai menarik pada ponsel ini, bukan?

2. Fleksibilitas Dalam Penggunaan

Ponsel lipat memberikan fleksibilitas yang luar biasa dalam penggunaan sehari-hari bagi para Gen-Z. Selain mudah dibawa kemana-mana, OPPO Find N2 Flip dilengkapi dengan layar cover yang lebih lebar dibandingkan ponsel lipat lainnya, yakni layar berukuran 3,26 inci dengan orientasi vertikal.

Layar ini memudahkan pengguna untuk berbagai aktivitas, termasuk melihat swafoto secara penuh, memeriksa notifikasi serta meningkatkan fungsionalitas dengan menampilkan hingga 8 widget. Pengguna juga dapat merespons pesan dan panggilan telepon hingga merekam voice note tanpa harus membuka ponsel.

3.  Kebutuhan Dunia Sosial Media

Sudah tidak heran jika Gen-Z dinilai sangat menyukai dunia sosial media, khususnya sosial media seperti Instagram, Tiktok, Twitter, YouTube dan lainnya. Para Gen-Z juga berlomba-lomba untuk menciptakan konten yang kreatif dan mendalam di berbagai platform sosial media. Mereka tidak hanya menjadi konsumen konten, tetapi juga aktif dalam membagikan pengalaman, ide, dan gaya hidup mereka kepada dunia.

Penting bagi mereka untuk memiliki perangkat yang dapat mendukung kebutuhan kreativitas dan interaksi di media sosial. Dalam hal ini, ponsel lipat Oppo Find N2 Flip menjadi pilihan yang menarik karena keunggulan kamera utama yang mereka miliki, yakni dilengkapi kualitas kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX890 dan kamera ultrawide 8 MP. Kolaborasi Bersama Hasselblad yang memungkinkan ponsel ini akan menghasilkan warna gambar yang mendekati warna aslinya. 

Di samping itu, sistem layar fleksibel Oppo Find N2 Flip yang dapat dilipat dengan sudut antara 45 hingga 110 tentunya sangat mendukung pembuatan konten foto ataupun video Vlog dengan mudah dan lebih leluasa dari berbagai sudut. Sistem layar tersebut juga memberi keuntungan bagi para Gen-Z yang senang menggunakan kamera belakang untuk foto maupun video, pengguna tidak perlu menggunakan tripod lagi sebagai alat penyangga, hanya letakan saja ponsel di meja atau latar bidang dalam posisi terbuka 90, atau sesuaikan dengan kebutuhan.

Oppo Find N2 Flip (Sumber Foto: detikinet)

4.  Performa Ponsel Lipat yang Kini Gesit 

Bukan hanya dari segi desain yang menonjol, performa ponsel lipat masa kini tentunya berbeda dengan ponsel lipat dahulu. Oppo Find N2 Flip mengusung teknologi terbaru dalam hal kinerja dan fungsionalitas yang didukung oleh prosesor Dimensity 9000+ dengan fabrikasi 4nm. Pengalaman pengguna semakin dioptimalkan dengan pengaturan khusus ColorOS untuk ponsel lipat terbaru dari OPPO. Keunggulan ponsel inovatif ini semakin terlihat dengan menjadi salah satu smartphone pertama di dunia yang mendapatkan Google Android 14 Beta 1 Update.

Selain itu, OPPO Find N2 Flip bisa memuat baterai berkapasitas besar yaitu 4.300 mAh berkat konstruksi engselnya. Dengan bantuan teknologi pengisian baterai SuperVOOC 44W, OPPO Find N2 Flip dapat terisi dari 0% hingga 62% hanya dalam waktu 30 menit. Sehingga, ponsel dapat cepat digunakan disaat momen penting dan pengguna tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat fokus bekerja maupun saat menggunakan sosial media.

OPPO Find N2 Flip tak hanya menyajikan performa gesit untuk penggunaan berat ataupun sehari-hari, tetapi juga memberikan sentuhan futuristik yang sangat disukai oleh para Gen-Z yang senantiasa mencari perangkat yang mencerminkan kepribadian mereka. Dengan teknologi terkini, desain yang inovatif, dan fitur-fitur canggihnya, OPPO Find N2 Flip memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa dan relevan untuk generasi yang dinamis dan kreatif seperti Gen-Z.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline