Lihat ke Halaman Asli

Ajeng Aulia S

Mahasiswa

Penerapan AI Pada Twitter

Diperbarui: 2 Mei 2023   13:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

opinion

Di era modern seperti saat ini penggunaan internet maupun teknologi pada kehidupan sehari-hari sudah tidak asing lagi. Penggunaan internet ataupun teknologi dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan baik dalam bidang kesehatan, hiburan, pendidikan, industri maupun pemerintahan yang dimana tujuannya itu sendiri yaitu untuk mempermudah kegiatan manusia.


Adapun contoh dari penggunaan internet dan teknologi yaitu adanya berbagai macam platform media sosial yang di manfaatkan pengguna baik untuk bertukar pesan, membagikan cerita maupun mencari suatu informasi. Ada banyak platform media sosial yang viral atau banyak digunakan oleh pengguna internet salah satunya yaitu Twitter. Twitter sendiri ialah platform media sosial yang dapat berbentuk aplikasi maupun website yang fiturnya menyediakan konten untuk pengguna nikmati seperti membagikan suatu cerita pada suatu postingan yang biasa disebut cuitan, selain itu twitter juga dapat menyajikan suatu informasi bagi pengguna tergantung pada penggunanya.

Lalu Bagaimana sih Cara Kerja Kecerdasaan Buatan yang ada Pada Aplikasi Ini?

machine-learning-644b77d4a7e0fa0f06075292.jpeg

Sebelum membahas intinya kita ketahui dahulu apa itu kecerdasan buatan. Kecerdasan Buatan merupakan salah satu bidang dalam ilmu komputer yang ditujukan pada pembuatan software dan hardware yang dapat berfungsi sebagai sesuatu yang dapat berpikir seperti manusia (Sunarya, Santoso, & Sentanu, 2015). Kecerdasan buatan ini sangat dibutuhkan dikarenakan dapat memudahkan efesiensi, sehingga dapat membantu dan meningkatkan produktifitas dalam kegiatan yang dilakukan manusia.Kecerdasan buatan atau AI yang terdapat pada aplikasi Twitter yaitu ialah Machine Learning. 

Machine learning dapat didefinisikan sebagai aplikasi komputer dan algoritma matematika yang diadopsi dengan cara pembelajaran yang berasal dari data dan menghasilkan prediksi di masa yang akan datang (Goldberg & Holland, 1988). Mechine Lerning sendiri merupakan salah satu cabang pada aplikasi dari kecerdasan buatan. Di Twitter pengguna dapat memilih konten yang menarik bagi mereka dan dengan adanya Machine Learning ini maka konten yang akan disajikan akan lebih menarik bagi pengguna. Cara ini juga dapat memungkinkan menarik banyak pengguna media sosial agar menggunakan aplikasi Twitter.

Itulah mengapa Twitter masih banyak digunakan oleh pengguna media sosial dikarenakannya Machine Learning yang dapat membantu memfiltur konten-konten menarik sehingga dapat memuaskan penggunanya, ditambah seiring berjalannya waktu Machine Learning ini terus dikembangkan agar aplikasi Twitter dapat menarik pengguna lain pada media sosial.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline