Lihat ke Halaman Asli

PMM 85 Gelombang 4

Terdiri dari Seorang Mahasiswa dan Mahasiswi yang Melakukan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Panti Asuhan Putri A'isyiyah, Kota Batu

Kelompok 85 Gelombang 4 PMM UMM Gelar Lomba pada Saat Ramadhan

Diperbarui: 10 Mei 2022   22:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembagian Hadiah Lomba (Sumber : Dokumen Pribadi)

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang dinantikan oleh setiap umat muslim, kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa yang bertepatan pada bulan Ramadhan ini merupakan suatu momen yang baik untuk berbagi kebahagiaan. 

Dalam rangka menyambut bulan puasa, PMM (Pengabdian Masyarakat oleh mahasiswa) Universitas Muhammadiyah Malang oleh kelompok 85 gelombang 4 membuat suatu kegiatan Ramadhan yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman anak- anak Panti Asuhan Putri A'isyiyah Dau. 

Kegiatan ini juga dapat membantu anak-anak Panti Asuhan Putri A'isyiyah Dau dalam memaknai bulan  Ramadhan yang datang satu tahun sekali ini.Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 13 dan 16 April 2022 dan rangkaian kegiatannya yakni lomba menggambar kaligrafi dan lomba sambung ayat surah pendek. 

Lomba Menggambar Kaligrafi (Sumber : Dokumen Pribadi)

Pada lomba kaligrafi dan sambung ayat surah pendek ini diikuti oleh anak-anak panti yang berjumlah 23 anak dari semua jenjang mulai tingkat SD sampai SMA. 

Dalam lomba kaligrafi ini, anak-anak panti dibebaskan untuk menggambar kaligrafi apapun sesuai dengan ide dan kreasi mereka sendiri. Adapun pada lomba sambung ayat surah pendek ini, terdapat 2 juri yang bertugas melakukan penilaian yakni dari pengurus-pengurus panti. 

Setiap jenjang dari SD, SMP maupun SMA memiliki level kesulitan yang berbeda-beda dalam pemilihan ayatnya. Penilaian dari lomba menggambar kaligrafi ini dilihat dari tingkat kerapian, kebenaran dan kesesuaian ayat yang menjadi kaligrafinya, kebersihan, kreativitas dan imajinasi. Sedangkan untuk penilaian lomba sambung ayat surah pendek yakni kelancaran hafalan, tajwidnya dan ketepatan surah yang diberikan.

Lomba Sambung Ayat Surah Pendek (Sumber : Dokumen Pribadi)

Kendala yang terjadi pada lomba menggambar kaligrafi ini tidak ada karena semuanya berjalan dengan lancar. Untuk lomba sambung ayat surah pendek juga tidak terjadi kendala, namun terdapat satu peserta lomba yang tidak mau maju ke depan mengikuti lomba sehingga harus didiskualifikasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline