Lihat ke Halaman Asli

Ajeng Mei Dini Damayanti

pelajar/mahasiswa/Universitas Negeri Surabaya

Kembangkan Desa Cerdas di Tuban, TIM PPK ORMAWA HMJBSI UNESA Raih Juara Harapan 1 Kategori Tim Pelaksana pada Adidaya Tahun 2022

Diperbarui: 19 Desember 2022   07:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Penyerahan Penghargaan Kepada Tim PPK Ormawa HMJBSI Unesa/dokpri

Tim Program Penguatan Kapasitas Ormawa Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (PPK Ormawa HMJBSI) 2022 menuai kabar yang membanggakan lagi. Setelah mendapatkan pendanaan pusat, Tim PPK Ormawa HMJBSI Unesa lolos menjadi finalis kategori Tim Pelaksana dan meraih Juara Harapan 1 kategori Tim Pelaksana pada ajang yang bergengsi puncak dari PPK Ormawa yaitu Adidaya tahun 2022.

Kegiatan Adidaya yang dilaksanakan tanggal 6-11 Desember pada tahun ini bertempat di Institut Pertanian Bogor (IPB). Tim PPK Ormawa HMJBSI Unesa yang mengusung tema Desa Cerdas dengan judul "Pengembangan Kampung Cerdas Berbudaya dan Berwirausaha melalui Pojok Literasi Digital untuk Meningkatkan Life Skill Masyarakat Desa Sukorejo, Kecamatan Parengan Tuban" telah berhasil mempresentasikan hasil kegiatan di hadapan para dewan juri.

Setelah melalui banyak tahapan kegiatan, mulai dari pelaksanaan program, monitoring evaluasi internal, PKP, lolos menjadi finalis Tim Pelaksana hingga memperoleh prestasi yang membanggakan pada Adidaya tahun 2022. Hal ini pastinya tidak luput dari perjuangan dan kerja sama tim dalam melaksanakan program lima pojok literasi yaitu pojok literasi kewirausahaan, dongeng dan bimbel, agraria, kerohanian, kesenian dan kebudayaan. Melalui program yang telah dilaksanakan oleh tim PPK Ormawa HMJBSI Unesa 2022 di Desa Sukorejo, sangatlah memberikan manfaat dan menuai respon positif dari masyarakat.

Persiapan untuk maju di Adidaya tahun 2022 di Bogor, Tim PPK Ormawa HMJBSI dan dosen pendamping mempersiapkan segala keperluan yang akan dipresentasikan pada ajang bergengsi tersebut. Persiapan yang dilakukan tim terbilang sangat matang, terlebih lagi perguruan tinggi turut andil memberikan dukungan yang luar biasa kepada tim PPK. Tentu hal ini memberikan semangat dan dorongan untuk Tim PPK HMJBSI Unesa dalam memberikan yang terbaik pada puncak Adidaya 2022.

Dr. Sifak Indana, M. Pd selaku PIC PPK Ormawa unesa tahun 2022 menuturkan sangat bersyukur sekali, TIM PPK Ormawa HMJBSI Unesa dapat maju di Adidaya tahun 2022 dengan mengusung literasi sebagai bentuk  cara mewujudkan desa cerdas. Hal ini mampu meningkatkan life skill atau kemampuan hidup masyarakat melalui literasi digital yang ada.  Setiap tim memiliki spesifikasi dan ciri khusus yang tidak dimiliki oleh Perguruan Tinggi lainnya, seperti salah satunya Tim PPK Ormawa HMJBSI Unesa.

Di PPK Ormawa ini yang dinilai adalah ekosistem, bagaimana  belajar kepemimpinan, berorganisasi, manajemen, komunikasi terutama dengan masyarakat termasuk kerja sama dengan orang lain. Namun, di sini keilmuannya sangat ditonjolkan untuk literasi bagi PPK Ormawa Untuk HMIBSI. Bu Sifak begitu sapaan hangat PIC PPk Ormawa Unesa Tahun 2022 menambahkan, saya bersyukur sekali. Tidak hanya sekadar mengabdi di desa seperti KKN (Kuliah Kerja Nyata), tapi punya kekhasan tentang bidang keilmuannya. Jadi, bisa mengabdi, bisa menggali, bisa menerapkan keilmuan sekaligus di desa itu selain juga membawa nama Unesa masuk di dalam Abdidaya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline