Lihat ke Halaman Asli

aiueoxyzbi

Mahasiswa

Pembersihan Massal di Pantai Sukaraja: Ribuan Warga Bersatu Bersihkan Lingkungan Pantai Terkotor

Diperbarui: 14 Juli 2023   22:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Fenomena yang menarik di Pantai Sukaraja adalah upaya pembersihan sampah yang diprakarsai oleh Pandawara Group. Kelompok ini berhasil menggerakkan ribuan warga untuk membersihkan berbagai jenis sampah yang mencemari Pantai Sukaraja. 

Partisipasi dalam kegiatan ini melibatkan berbagai kalangan masyarakat, termasuk pemerintah setempat, TNI, Polri, mahasiswa, dan anak-anak. Pantai ini sebelumnya dinobatkan sebagai pantai terkotor kedua di Indonesia berdasarkan penilaian mereka, yang terletak di Jalan Ikan Selar Teluk Betung Bandar Lampung.

Aksi ini menarik perhatian banyak pengguna media sosial. Berdasarkan data dari akun media sosial Pandawara Group, sekitar 3.700 warga ikut serta dalam pembersihan sampah di Pantai Sukaraja Bandar Lampung, dan sekitar 300 ton sampah berhasil dikumpulkan dari kegiatan ini, kemudian dibawa ke tempat pembuangan akhir di Bakung.

Dari perspektif saya, fenomena ini menggambarkan pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat, karena masih banyak yang mengabaikan masalah ini. Jika hal ini terus dibiarkan, lingkungan akan terus tercemar dan berpotensi menyebabkan bencana dan masalah kesehatan, seperti banjir dan penyakit pernapasan.

Kesimpulan dari fenomena ini adalah penting bagi kita untuk memiliki kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Setiap individu memiliki tanggung jawab untuk merawat lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan. Tindakan ini akan menciptakan kehidupan yang aman, nyaman, dan harmonis.

Sumber: KompasTV, Tersedia di [https://www.kompas.tv/regional/424527/pandawara-group-ribuan-warga-bersihkan-pantai-di-lampung]

Penulis: Qori Nur Anggraini




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline