Lihat ke Halaman Asli

Aisyah Supernova

man purposes God disposes - ssu

4 Rahasia Penting Kunci Sukses dalam Bisnis

Diperbarui: 25 Desember 2018   21:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Speaker               : Dr. Muhammad Syafi'i Antonio

Re-written by    : Aisyah Supernova

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wa barakatuh.

Bapak Ibu yang dirahmati oleh Alloh SWT..

Ada 4 hal penting yang tidak boleh kita lupakan dalam business. Yang pertama 'jangan lupa Alloh SWT'. Kenapa demikian? Karena Dia-lah Yang memberi rejeki kita, Dia Yang memberi infrastruktur kita untuk bisa jalan, Dia juga yang paling penting nih, Yang menggerakan hati calon pembeli untuk datang ke warung, ke toko dan ke pabrik kita. Bisa saja, Dia menggerakan hati calon pembeli ini kepada orang lain. Jadi kuncinya jikalau kita ingin banyak pelanggan, kita harus nembak kepada Dzat, kepada Alloh Yang bisa menggerakan hati calon pembeli. Jangan lupa Alloh. 'Don't forget Allah in your business'.

Yang kedua, jangan lupa ibadah. Kenapa? Karena seringkali saking kita sibuk dalam business, sibuk meeting, akhirnya shalat kita mepet. Saking sibuknya kita urusan berniaga, akhirnya banyak shalat yang tertinggal. Saking seringnya melakukan perjalanan, akhirnya berapa puasa yang bocor; berapa yang sudah diqodho, berapa yang sudah dibayar kita lupa pula berapa harinya. Jangan menjadikan business kita lupa kepada ibadah.

Yang ketiga, jangan lupa berbagi. Kenapa demikian? Karena hidup tidak sendirian. Masih banyak orang yang 'less fortunate than us', masih banyak orang yang tidak semujur kita. 

Alhamdulillah Bapak-bapak, Ibu-ibu in shaa Allah diberikan rezeki dan karunia dari Alloh SWT yang banyak, tapi bagaimana dengan yatim piatu, bagaimana dengan orang yang baru kena musibah, bagaimana orang yang kena tsunami, bagaimana orang yang kena gempa, bagaimana yang ditinggalkan orang yang paling dikasihi dan paling banyak membantu dari sisi finansial.. jangan lupa berbagi. Karena kita ini dijadikan sebagai ' jalur kereta api'. 

Rezekinya, sebagian besar untuk kita, ada sebagian yang kecil yang kita berikan untuk sodara kita, dan itu dari Alloh. (Dalil yang artinya) 'Berikanlah kepada mereka rezeki Alloh yang dititipkan kepada kita.

Dan yang keempat, ini yang paling penting, jangan lupa mati. Ketika kita berbisnis, ketika kita berdagang, ketika kita berniaga, jangan lupa mati. 'it can happen anytime'. 'laa tansa minal maut'.  Jangan lupa dari mati karena mati itu akan menghentikan semua dagang kita, akan menghentikan semua proses apapun yang kita lakukan dan akan membuka chapter yang baru. 

Nah sering kali kita berasumsi pasti akan ada hari, pasti akan ada minggu depan, pasti akan bulan depan, sementara hitung-hitungan kita dengan diri kita itu tidak terlalu baik. Mudah-mudahan, kita selalu ingat Alloh, kita selalu ingat untuk beribadah, kita tidak lupa berbagi, dan kita tidak lupa ingat mati.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline