Lihat ke Halaman Asli

Mengajar TPQ di Purwodadi

Diperbarui: 2 Februari 2022   23:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Setelah melaksanakan pembukaan, kami mulai melaksanakan salah satu proker kami yaitu mengajar TPQ. Program ini dimulai dari tanggal 27 Desember 2021- 13 Januari 2022. Pada program kerja ini kelompok kerja kami mengambil kesempatan mengajar di 5 TPQ yang berada di kecamatan Donomulyo, diantaranya TPQ Babul Ulum yang berada di dusun Purworejo Kidul, TPQ Rukun Sentosa yang berada di dusun Tambakrejo, TPQ Nashrumminallah yang berada di dusun Sidorejo, TPQ Al-Ikhlas yang berada di dusun Takbakrejo, dan TPQ Nurussholah yang berada di dusun Purworejo Kidul. Sedangkan utuk saya pribadi berkesempatan untuk mengajar di TPQ Rukun Sentosa. Di TPQ ini saya dan teman kelompok mengajar para santri untuk belajar iqro' dan belajar ilmu tajwid. Para santri di TPQ Al-ikhlas ini terdapat kurang lebih 40 santri baik dari kelas kecil maupun kelas besar. Kami mulai mengajar di TPQ setiap hari jam 4 sore sampai 5 sore. Para santri di TPQ Al-Ikhlas  Sentosa ini sangat semangat mengaji.

 Dalam kesempatan ini, Alhamdulillah kita dapat membantu anak-anak untuk mengajarkan ngaji dan doa sehari  dengan cara yang mengasyikan dan menyenangkan, sehingga membuat adek adek menjadi senang dan merasa tidak seperti pembalajaran. Dalam mengajar TPQ kegiatan yang kami lakukan di minggu pertama kita membentuk 2 kelompok kelas A dan Kelas B selain itu kita membantu untuk menyimak dan membenarkan bacaan Al-Qur'an dan Iqro'. Dan dalam minggu berikutnya kita mengajarkan anak-anak dalam mengafalkan do'a sehari-hari. Setelah kegiatan mengajar TPQ, dilaksanakan Progran Kerja Musabaqah TPQ.

Program Kerja Musabaqah TPQ dilaksanakan untuk mengapresiasi dari hasil kegiatan pembelajaran yang berlangsung di TPQ-TPQ. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17 s.d 21 Januari. Kegiatan ini dilaksanakan secara bergantian dimulai dari TPQ Babul Ulum, kemudian hari kedua di TPQ Nurusshola, hari ketiga di TPQ Nasrumminallah, hari keempat di TPQ Rukun Sentosa dan hari terakhir di TPQ Al-Ikhlas. Untuk saya sendiri bertanggung jawab dalam kegiatan musabaqah di TPQ Al-Ikhlas. Dalam TPQ Al-Ikhlas ini kita membagi 2 perlombaan untuk kelas A dan kelas B yaitu, lomba wudhu dan lomba menghafal doa sehari-hari. Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan waqaf Al-Qur'an serta beberapa fasilitas yang diberikan kepada TPQ. Kegiataan ini dilaksanakan dari jam 14.00 hingga 16.00 WIB.

Adanya program mengajar TPQ ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan anak dan keterampilan anak dan bisa mengabil ilmu yang diterapkan. konsep ini sangat penting untuk anak anak karena pembalajaran ini sangat mengasyikan dan membuat anak menjadi ketagihan untuk diajar oleh kakak




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline