Lihat ke Halaman Asli

KKN BTV3 UNEJ: Pandemi Makin Marak, Mahasiswa UNEJ Mengenalkan Media Belajar Online dan Mengajak Lawan Covid-19

Diperbarui: 12 September 2021   00:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kewajiban setiap mahasiswa di universitas, begitu pula dengan Universitas Jember. KKN kali ini dilaksanakan secara online mengingat semakin maraknya pandemi. KKN "BTV" merupakan singkatan dari Back To Village, dimana tiap mahasiswa kembali ke desa masing-masing untuk mengabdi kepada masyarakat secara nyata. Penulis mengambil tema 4 yaitu "Program literasi desa pada masa pandemi covid-19".

Pemerintah memberlakukan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Jawa-Bali pada awal januari 2021. Khususnya wilayah Jawa-Bali yang kini melakukan PPKM level 4, dan dalam peraturan menyatakan kegiatan belajar mengajar (sekolah, perguruan tinggi, akademi dan pelatihan) dilakukan secara daring. Tidak terkecuali di kelurahan Tegal Gede yang terletak di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. PPKM yang terlaksana di kelurahan ini membuat siswa harus melakukan pembelajaran daring.

Para pelajar tentunya mengalami dampak pembelajaran online ini. Salah satu contohnya ialah pelajar sekolah dasar di kelurahan Tegal Gede bernama Triya (9 tahun). Guru hanya mengandalkan media sosial khususnya WhatsApp karena kurangnya pengetahuan dalam menggunakan media belajar online lain. Siswa juga tidak leluasa dalam bertanya dan belajar apabila hanya menggunakan WhatsApp sebagai media belajar. Selain itu, memahami kebersihan diri dan mengetahui cara meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit sangatlah diperlukan sedini mungkin.

Pentingnya mengetahui media belajar online dan menjaga kebersihan diri untuk meningkatkan kekebalan tubuh dimasa pandemi ini membuat penulis ingin membantu Adik Triya agar dapat survive ditengah kondisi saat ini. Hal ini dapat diatasi dengan pengenalan media belajar online lain seperti zoom, google form, dan quizizz. Dilakukan pendampingan pembukaan akun dan penggunaan media belajar online. Selain itu, Adik Triya diberikan pemahaman mengenai pemakaian masker yang baik dan benar, serta penggunaan vitamin bagi anak yang mudah dipahami. Mengingat kebersihan diri juga sangat diperlukan dipandemi ini, maka diberikan sosialisasi mengenai 6 tahap mencuci tangan dan menjaga kebersihan mulut dengan cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada sasaran dan memberikan dampak positif, agar Adik Triya dapat mengikuti belajar online dengan mudah dan meningkatkan imun tubuh dimasa pandemi covid-19 ini. (Aisyah Zubaidah/ KKN BTV 3 UNEJ/ Kelompok 41/ Kelurahan Tegal Gede/ Kecamatan Sumbersari/ Jember).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline