Lihat ke Halaman Asli

Aisyah Wulandari

Marketing Communication student at Sultan Agung Islamic University

Menempa Imajinasi: dari Pikiran Kreatif ke Karya Nyata Melalui Ilmu Komunikasi Unissula

Diperbarui: 30 Juni 2024   19:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ide-ide kreatif yang tersimpan dalam pikiran kita terasa akan sia-sia jika tidak dituangkan menjadi sesuatu yang nyata. Ada banyak cara menuangkan kreativitas kita dalam berbagai bidang. Kreativitas yang dimiliki dapat diwujudkan dalam proses pembuatan atau produksi iklan, marketing, film, ataupun content creator.

Kreativitas memiliki peran utama dalam produksi iklan. Menciptakan konsep yang menarik, penceritaan yang kuat, visual yang memikat, serta pesan yang efektif menjadi kunci keberhasilan suatu iklan. Kreativitas marketing seperti merancang kampanye yang inovatif, membuat konten media social, desain promosi yang unik. Di dunia perfilman, kreativitas dianggap sebagi napas kehidupan. Mulai dari penulisan naskah, penyuntingan, sinematografi hingga editing, produksi film memerlukan ide-ide yang segar dan inovatif. Film yang kreatif menyajikan cara bercerita yang unik dan berkesan, menggugah emosi penonton, dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Dan cara paling modern menuangkan kreativitas ialah menjadi seorang content creator. Membuat konten di platform seperti youtube, instagram, dan tiktok membutuhkan pemahaman tren terbaru, kemampuan inovasi, dan public speaking yang baik.

Kuliah di jurusan ilmu komunikasi (ilkom) sangat cocok bagi mereka yang memiliki kreativitas tinggi. Stereotip anak ilkom yang kreatif, jago public speaking, inovatif, dan selalu mengikuti tren terbaru mencerminkan kenyataan bahwa ilmu komunikasi membuka banyak peluang untuk menyalurkan kreativitas menjadi bentuk nyata. Mahasiswa ilkom belajar mengembangkan ide-ide kreatif mereka melalui barbagai proyek, misalnya pembuatan konten media, strategi komunikasi, hingga penelitian social. Mereka juga dilatih untuk berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tertulis, yang merupakan keterampilan paling penting dalam berbagai profesi.

Di Ilkom Unissula, ada berbagai pilihan konsentrasi yang bisa membantu mahasiswa menyalurkan kreativitas mereka. Terdapat konsentrasi marketing communication, broadcasting journalism, dan yang terbaru mereka baru saja membuka konsentrasi content and media creative. Dibimbing dosen-dosen berpengalaman di bidangnya, fasilitas yang memadai, serta adanya komunitas untuk menyalurkan kreativitas seperti fikomedia, peacock, dan lainnya menjadikan ilkom Unissula sebagai pilihan yang tepat untuk kalian anak muda yang memiliki jiwa kreativitas tinggi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline