Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKM UIN Malang Kelompok 66 Membantu Posyandu untuk Warga Desa Langlang

Diperbarui: 26 Desember 2022   09:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa KKN UIN Malang kelompok 66 turut serta membantu kegiatan posyandu balita dan lansia (lanjut usia) yang diadakan di Desa Langlang, tepatnya di Dusun Langlang 3, Desa Langlang, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.(Rabu, 21 Desember 2022).

Kegiatan posyandu di Desa langlang dilakukan secara rutin seminggu sekali, minggu pertama di dusun langlang 1, minggu kedua di dusun langlang 2, minggu ketiga di dusun langlang 3, dan minggu keempat berlokasi di dusun langlang 4.  Begitu pula dengan jadwal posyandu lansia, dilakukan seminggu sekali bergantian berurutan dari dusun langlang 1 hingga dusun langlang 4.

Mahasiswa KKN yang membantu, dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok balita dan kelompok lansia. Kelompok balita membantu menimbang bayi, mengukur tinggi badan, serta mendata di buku posyandu balita. Sedangkan kelompok lansia membantu menimbang badan, mendata tensi, dan mendata keluhan serta penyakit.

Dokpri

Sistem posyandu balita yaitu setelah datang dan mengantre, balita ditimbang dahulu, kemudian dilanjut dengan mengukur tinggi badan, kemudian nama balita dan hasil pengukuran akan didata oleh petugas. Petugas yang mendata ada dua, satu untuk mendata di buku laporan posyandu milik kader, dan satu untuk mendata di buku laporan posyandu milik balita. Setelah selesai, balita akan mendapatkan PMT dari kader berupa makanan penunjang gizi balita.

Sistem posyandu lansia yaitu para lansia diharuskan daftar terlebih dahulu. Syarat pendaftaran yaitu menyerahkan data berat badan, nama, dan juga fotokopi ktp. Setelah mendaftar, para lansia akan mendapat buku laporan posyandu dan mengantre untuk dipanggil. Setelah dipanggil, para lansia akan diukur tekanan darahnya oleh petugas kesehatan dari puskesmas, kemudian diambil darah untuk dites kadar gula. Setelah itu petugas akan menanyakan keluhan dan riwayat penyakit ataupun riwayat obat yang pernah dikonsumsi. Setelah selesai, para lansia akan diberi obat yang sesuai dengan keluhannya dan juga mendapat pmt dari kader.

Pemantauan tumbuh kembang balita dan pemantauan kesehatan lansia dari kegiatan posyandu tersebut sangat penting dilakukan untuk memantau kesehatan para warga dan untuk meningkatkan kualitas kesehatan warga, khususnya warga Desa Langlang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline